Kalimantan Barat

Hadiri Syukuran Hari Pers Nasional, Kapolres Sekadau Dukung Program PWI Goes to School

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Kapolres Sekadau AKBP Dr. I Nyoman Sudama, S.I.K., M.Si, menghadiri acara acara syukuran Hari Pers Nasional (HPN) yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sekadau, pada Selasa (20/2/2024) di Aula SMK Amaliyah Sekadau.

Acara tersebut juga menjadi momentum peluncuran program PWI Goes To School, yang bertujuan untuk mengenalkan ilmu jurnalistik kepada pelajar SMA di Kabupaten Sekadau.

Ketua PWI Kabupaten Sekadau, Dina Mariana, mengatakan bahwa HPN adalah perayaan tahunan yang diadakan setiap tanggal 9 Februari, juga merupakan hari lahirnya PWI.

“HPN tahun ini mengusung tema ‘Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional Dan Menjaga Keutuhan Bangsa.’ Oleh karena itu, peran pers sangat penting dalam mengawal transisi kepemimpinan yang demokratis, profesional, dan berintegritas. Pers juga diharapkan dapat menjadi penjaga keutuhan bangsa yang beragam, toleran, dan harmonis,” ujar Dina.

Dina juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kinerja pers di Kabupaten Sekadau, khususnya penyelenggara pemilu, pemerintah daerah, aparat TNI-Polri, dan masyarakat.

“Kami mengapresiasi kerja keras semua pihak yang telah memastikan pemilu tahun 2024 berjalan aman, damai, dan lancar di Kabupaten Sekadau. Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut untuk membangun Kabupaten Sekadau yang lebih maju dan sejahtera,” kata Dina.

Dalam acara tersebut, PWI Kabupaten Sekadau juga meluncurkan program PWI Goes To School, yang ditujukan untuk pelajar SMA di Kabupaten Sekadau.

“Program ini bertujuan untuk mengenalkan ilmu jurnalistik kepada para pelajar, yang merupakan generasi Z, sehingga mereka dapat memahami dan membedakan informasi hoaks dari yang bukan. Dengan demikian, mereka dapat menjadi cerdas dalam memilih informasi yang boleh dipublikasikan di media sosial dan yang tidak boleh,” jelas Dina.

Dina menambahkan bahwa program ini akan dimulai di SMK Amaliyah Sekadau, setelah PWI Kabupaten Sekadau dan SMK Amaliyah menandatangani kerja sama dalam meningkatkan mutu sumber daya manusia melalui kegiatan jurnalistik.

“Kami berharap program ini dapat memberikan manfaat bagi para pelajar, guru, dan sekolah, serta dapat menumbuhkan minat dan bakat jurnalistik di kalangan generasi muda,” ucap Dina.

Sementara itu, Kapolres Sekadau AKBP Nyoman Sudama, menyatakan apresiasi dan dukungan terhadap peran pers dalam mengawal transisi kepemimpinan nasional dan menjaga keutuhan bangsa.

“Peran pers sangat penting dalam mewujudkan demokrasi yang berkualitas dan transparan. Pers sebagai penjaga keutuhan bangsa yang beragam dan harmonis, serta sebagai pilar utama dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat,” tuturnya.

Nyoman juga mengapresiasi langkah PWI Kabupaten Sekadau dalam meluncurkan program PWI Goes To School, yang menurutnya sangat relevan dan diperlukan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang pentingnya informasi yang akurat dan benar.

“Program ini diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang cerdas dalam menyaring informasi, mampu membedakan berita hoaks, dan aktif dalam mempromosikan kebaikan serta menciptakan lingkungan informasi yang sehat di media sosial. Sehingga dapat memberikan dampak positif dan membantu mengedukasi para pelajar dalam menavigasi dunia informasi yang semakin kompleks dan dinamis,” ungkap Kapolres. (Aji/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button