Headline

Hamim Pou: Digitalisasi Basis Tata Kelola Layanan Pemerintahan di Bone Bolango

BeritaNasional.ID, Makassar – Bupati Bone Bolango Hamim Pou menegaskan komitmennya menjadikan digitalisasi menjadi basis tata kelola layanan pemerintahan di Kabupaten Bone Bolango.

Penegasan ini diungkapkan Hamim Pou saat menjadi pembicara pada kegiatan Capacity Building dan Studi Banding TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah) bagi Pemerintah Daerah se Provinsi Gorontalo yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia di Makassar pada 9 hingga 10 Februari 2023.

Menurut Hamim, Pemerintah Kabupaten Bone Bolango percaya digitalisasi akan memberikan dampak positif terhadap tata kelola layanan pemerintahan.

“Bone Bolango percaya, digitalisasi mampu menjadikan system belanja
yang lebih efisien, layanan publik yang makin efektif, dan optimalisasi serta
mencegah kebocoran PAD,”tegasnya.

Bupati dua periode ini juga mengungkapkan bahwa dengan ETPD (Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah) yang makin lengkap, sektor penerimaan Pajak Daerah Bone Bolango pada tahun 2022 bertumbuh sebesar 31% dan diharapkan makin progresif ditengah
keterbatasan sumber dana dan transfer ke daerah.

Selain itu, ungkap Hamim, Bone Bolango pada Semester I Tahun 2022 memiliki indeks ETPD sebesar 94.3 dan Semester II 2022 memiliki Indeks ETPD 98.5.

“Indeks ini tertinggi kedua di Provinsi Gorontalo setelah Kabupaten Gorontalo,”ungkapnya.

Menurutnya hal ini disebabkan karena penilaian Poin Indeks baru mengambil dari 2 sektor realisasi yaitu sektor Teller dan QRIS.

“Hal ini menyebabkan poin sector Teller Bonebol baru 50% karena kebanyakan transaksi saat ini telah melalui proses
Transfer/ATM/Mobile Banking, bukan lagi teller,”tuturnya.

Lebih lanjut Hamim mengungkapkan rasio sektor PAD murni yang masih kurang dibandingkan dengan PAD Lainnya (kurang lebih baru 30%).

“Sehingga poin realisasi belum dapat mencapai 100%,”tutupnya. (Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button