Pemkab Wajo

Hanya 37 Daerah di Indonesia, Pemkab Wajo Terima Penghargaan Implementasi Manajemen ASN dari BKN

WAJO SULSEL, BERITANASIONAL.ID – Bupati dan Wakil Bupati Wajo, Amran Mahmud-Amran, tidak henti-hentinya meraih atau mempersembahkan penghargaan selama menjadi nakhoda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wajo.

Terbaru, Pemkab Wajo meraih anugerah penghargaan dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) RI melalui BKN Award 2022 wilayah kerja Kantor Regional (Kanreg) IV BKN Makassar (Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku).

Penghargaan Pemkab Wajo untuk kategori Implementasi Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN) Terbaik. Kategori ini diraih 37 kabupaten/kota di Indonesia. Khusus di Sulawesi Selatan (Sulsel) hanya ada dua daerah, selain Wajo, ada Kabupaten Barru.

Penghargaan diterima langsung Wakil Bupati Wajo Amran, diserahkan Wakil Kepala BKN RI, Supranawa Yusuf, yang berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang, rumah jabatan Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Makassar, Selasa (20/9/2022).

Turut Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sulsel, Abdul Hayat Gani; Kepala Kantor Regional IV BKN Makassar, Agus Sutiadi, dan Kepala KCU Taspen Makassar. Selain itu, para gubernur atau mewakili, bupati/wali kota atau mewakili, dan kepala BKD/BKPP/BKPSDM se-wilayah Kerja Kantor Regional IV BKN Makassar, serta undangan lainnya.

Wakil Bupati Wajo, Amran, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Kepala BKN RI bersama seluruh jajaran, juga Kepala Kanreg IV BKN Makassar atas pembinaan dan pendampingannya sehingga Pemkab Wajo bisa mendapatkan apresiasi ini.

“Kami juga mengapresiasi Kepala BKPSDM Wajo bersama seluruh jajaran serta seluruh pihak yang turut membantu dan bekerja sama dalam menyiapkan segala sesuatu terkait penilaian sehingga kita bisa meraih penghargaan ini,” ucap Amran yang dikonfirmasi usai mengikuti acara.

Amran berharap prestasi ini terus ditingkatkan atau minimal dipertahankan. “Meski demikian, yang paling penting adalah penerapannya dalam manajemen ASN kita. Juga terus berbenah dan melakukan perbaikan dan penyempurnaan ke depannya,” bebernya yang hadir didampingi Kepala BKPSDM Wajo, Herman, dan Sekretaris BKPSDM Wajo, Edy Rakhman.

Wakil Kepala BKN RI, Supranawa Yusuf, menjelaskan salah satu program priotas Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), adalah pembangunan sumber daya manusia (SDM).

“Khusus untuk sumber daya aparatur, BKN mendapatkan tugas dan mandat yang diatur dalam undang-undang ASN untuk melakukan pembinaan sekaligus pengawasan dan pengendalian terhadap manajemen ASN,” ucap Supranawa.

Supranawa melanjutkan, sejak 2014 lalu BKN melakukan penilaian dengan instrumen penilaian manajemen ASN. “Sehingga mulai tahun 2015 kita mulai memberikan reward atau penghargaan kepada instansi yang mengimplementasikan manajemen ASN tersebut dan itu berjalan sampai tahun 2022 ini,” bebernya.

Sementara, Gubernur Sulsel diwakili Sekda Sulsel, Abdul Hayat Gani, menyampaikan dua hal yang penting dalam ASN adalah kinerja dan kepuasan kerja.

“Biasanya kinerja adalah tuntutan pimpinan dan kepuasan kerja adalah tuntutan bawahan. Dari sinilah harus berubah dari transaksional leader menjadi transformasi leader. Sehingga kita harus beradaptasi dengan lingkungan yang bisa memberikan transformasi leader yang kuat,” tuturnya.

Kepala Kakanreg IV BKN Makassar, Agus Sutiadi, menyampaikan harapan semoga kegiatan ini menjadi pemicu dan pemacu untuk pengelolaan kepegawaian ke depannya.

Pengumuman BKN Award 2022 telah dilakukan di sela-sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepegawaian yang digelar di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, pada akhir Juli 2022 lalu. (JG)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button