ACEH

Hardansyah Buka Kegiatan Siormas

BeritaNasional.ID-Hardansyah, S.Pd.MAP, Asisten I Tata Kelola Pemerintahan Setdakab Gayo Lues, Aceh, membuka kegiatan sosialisasi regulasi tentang tatacara pendaptaran Sistem Informasi Organisasi Kemasyarakatan (Siormas) dan Perpu Nomor 2 Tahun 2017 tentang ormas. Acara tersebut digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik di Aula Hotel Nusa Indah, Blangkejeren, (29/08/2019)

Hardansyah menyebutkan organisasi kemasyarakatan atau LSM adalah mitra pemerintah dalam terlaksananya kemajuan pembangunan daerah yang pada akhirnya bermuara pada cita-cita nasional.

Sebagai sarana penyalur aspirasi dan komunikasi, timbal balik antar anggota dan organisasi, “Maka perserikatan atau perkumpulan adalah mitra yang sejajar dengan pemerintah dalam melaksanakan pembinaan masyarakat,” kata Hardansyah.

Lanjutnya, peran ormas selama ini dirasakan efektif untuk menjaring aspirasi masyarakat, karena hidup dan tumbuh dalam dan bersama-sama masyarakat.

Disisi lain, pemerintah bertugas melakukan pembinaan, memberikan dorongan dan pengayoman dalam menumbuhkan organisasi yang sehat dan mandiri, sehingga organisasi dapat menggerakkan kreativitas dan aktivitas secara positif.

Pembinaan organisasi kemasyarakatan yang dilakukan pemerintah bukanlah indoktrinasi akan tetapi sebagai fasilitator dan regulator untuk menyatukan visi dan persepsi tanpa menghilangkan arti kebebasan, perserikatan dan berkumpul sesuai dengan tugas dan pengabdian masing-masing.

“Penyatuan kesamaan visi dan persepsi bertujuan agar tidak menjadi dan terjadi Konflik ditengah-tengah masyarakat,” jelasnya.

Hardansyah, berharap, melalui kegiatan tersebut, diharapkan ada masukan dan saran serta pendapat dari para peserta, yang nantinya bersama-sama dapat membangun kehidupan ber-organisasi dan bermasyarakat yang lebih baik dan bermanfaat untuk pembangunan kemajuan daerah. (Abu Bakri)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button