DaerahRagamSumateraSUMUT

Harga Semangka Ditingkat Petani di Langkat Berangsur Naik

BeritaNasional.ID, Langkat – Kabar gembira buat petani semangka yang sedang memanen buah semangka pada bulan ini di Kabupaten Langkat, Sumut, dikarenakan, saat ini mengalami keniakan. Permintaan konsumen yang tinggi akan buah semangka, membuat harga semangka terus meningkat naik, termasuk ditingkat petani.

Seperti di Kelompok tani (Poktan) Subur, di Desa Pematang Tengah, Kecamatan Pematang Jaya, Kabupaten Langkat. Saat ini, Koptan tersebut sedang memproses pemanenan semangka. Dipetani, mereka membandrol harga buah semangka seharga Rp4.500/kg untuk semangka merah non biji berukuran buah 2,5 kg keatas.

Sedangkan untuk semangka berdaging kuning seharga Rp4.000/kg, dan semangka merah biasa (semangka biji) seharga Rp3.500. Rata-rata kenaikan harga semangka pada minggu lalu seharga Rp500/kg.

“Permintaan konsumen yang tinggi membuat harga semangka berangsur naik,” sebut Bambang Wahyudi, selaku Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) di Pematang Jaya, kemarin.

Terkait dimana saja pemasaran buah semangka tersebut, Bambang mengatakan, petani memasarkannya ke daerah Aceh Tamiang, sebab, desa-desa di Kecamatan Pematang Jaya berbatasan dengan Provinsi Aceh.

“Desa para petani lebih berdekatan dengan daerah kota-kota Kabupaten Aceh Tamiang, ketimbang harus ke Langkat seperti Kota Pangkalan Susu, Brandan atau ibu Kotanya Langkat, yakni di Stabat.

Bambang juga mengatakan, untuk luas tanam semangka di Desa Pematang Tengah berkisar 3 hektar. Saat ini petani sedang memanen buah semangka, ucapnya.

Informasi dirangkum beritanasional.Id, semangka yang dibudidayakan petani didaerah desa pesisir pantai ini memiliki rasa yang manis, renyah dan warna dagingnya juga cerah, dikarenakan cukup masanya buah semangka untuk dipanen.

Secara terpisah, beberapa pedagang semangka di pasar tradisional di Langkat, sepeti di Kota Tanjung Pura, menyebutkan, harga jual semangka dikonsumen berkisar Rp7.000/kg untuk semangka non biji. Untuk semangka kuning dipasarkan seharga Rp5.000/kg, dan semangka biji biasa seharga Rp4.000/kg.

“Kalau kita disini menjual semangka non biji ukuran 2.5 kg keatas seharga Rp7.000/kg, semangka kuning Rp5000/kg dan semangka biasa biji Rp4000/kg,” ungkap Erna, pedagang buah di Tanjung Pura, Sabtu (19/3/2022). (Reza)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button