DaerahJawa TimurPendidikanSitubondo

Hari Batik Nasional, Pelajar dan Guru SMAN 1 Situbondo Pakai Baju Batik

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Bertepatan dengan momen peringatan hari batik Nasional tahun 2023, ratusan siswa dan siswi serta guru SMAN 1 Situbondo, mengenakan baju batik daerah dan nasional, Senin (2/10/2023).

Ratusan siswa dan siswi tersebut terlihat kompak mengenakan baju batik asli Situbondo dan baju batik nasional. Lebih-lebih dipadu dengan rok dan celana abu-abu membuat menampilan siswa siswi SMAN 1 Situbondo semakin menawan.

“Mengingat baju batik sudah menjadi budaya dan warisan leluhur Indonesia yang sudah diakui dunia, maka dalam momentum peringatan Hari Batik Nasional saya dan teman-teman sekolah kompak mengenakan baju batik. Sebagai generasi muda, kita bangga dan wajib melestarikan baju batik tersebut,” jelas Sherly, salah seorang siswi SMASA Situbondo.

Kepala Sekolah (Kasek) SMAN 1 Situbondo Martha Mila Sughesti menjelaskan, dalam momentum peringatan Hari Batik Nasional, para siswa dan siswi serta guru diwajibkan untuk mengenakan baju batik. “Sebagai warisan lelulur yang harus dilestarikan, maka kami mewajibkan para siswa dan guru untuk mengenakan baju batik,”ujar Martha Mila Sughesti.

Lebih lanjut, Kepala Sekolah SMAN 1 Situbondo mengatakan, batik merupakan salah satu warisan budaya yang didefinisikan sebagai sebuah teknik, simbol, serta kebudayaan terkait teknik mewarnai katun dan sutra dengan tangan yang berasal dari Indonesia. Momen Batik masuk dalam daftar warisan budaya.

“Hari Batik Nasional diperingati sejak ditetapkannya Batik sebagai Intangible Cultural Heritage of Humanity atau Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi yang berasal dari Indonesia oleh UNESCO. Oleh karena itu, bertepatan dengan Hari Batik Nasional, murid dan guru di SMAN 1 Situbondo diwajibkan memakai baju batik,” pungkas Martha Mila Sughesti. (*)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button