HeadlineMenuju Pemilu 2024

Hari Ini Debat Perdana Capres-Cawapres, Ketua KPU Janjikan Lebih Interaktif dan Tidak Membosankan

BeritaNasional.ID, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) menjanjikan debat perdana calon presiden hari ini akan berlangsung lebih interaktif dan tidak membosankan atau seolah seperti cerdas cermat. Dari enam segmen debat, empat segmen diantaranya memberikan kesempatan kepada ketiga calon presiden untuk saling berinteraksi dan memberikan tanggapan. Dengan demikian, porsi bagi setiap capres untuk berinteraksi akan lebih banyak. Hal itu disampaikan oleh Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dalam jumpa pers, Senin (11/12/2023) di Media Center KPU RI dan disiarkan langsung melalui Youtube Official KPU RI.

Debat perdana calon presiden (capres) ini akan digelar mulai pukul 19.00 dan berlangsung selama dua jam, di halaman kantor KPU RI Jakarta.

Debat pertama dari total lima debat Calon Presiden (Capres) – Calon Wakil Presiden (Cawapres) selama gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 ini, mengangkat tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, pelayanan publik, penanganan disinformasi, dan kerukunan warga. Jumlah topik yang diangkat ini hampir dua kali lipat dibandingkan debat capres 2019, yang hanya membahas seputar hukum, HAM, korupsi, dan terorisme.

Pada segmen pertama, capres akan menyampaikan visi, misi, dan program kerja. Segmen kedua dan ketiga adalah pendalaman visi, misi, dan program kerja. Pada kedua segmen ini, akan ada pertanyaan dan interaksi di antara capres. Adapun segmen keempat dan kelima akan diisi tanya jawab di antara capres. Kemudian segmen keenam menjadi sesi penutup atau penyampaian kalimat penutup oleh capres.

”Segmen ke-2, ke-3, ke-4, dan ke-5 itu boleh dikatakan hampir semuanya interaktif antarcalon, tentu dipandu oleh moderator,” ujar Hasyim.

Ia mengatakan, 11 panelis akan menyiapkan 18 pertanyaan bagi capres. Setiap capres akan mengambil tiga pertanyaan secara acak dan jawabannya akan ditanggapi oleh dua capres lain. Capres yang menjawab juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik tanggapan agar gagasan yang disampaikan dalam debat bisa lebih terang.

Terkait moderator debat, anggota KPU, August Mellaz, mengatakan, mereka telah menjalani proses karantina dan menandatangani pakta integritas. Langkah tersebut ditempuh untuk menegakkan komitmen netralitas dan integritas pelaksanaan debat.

Ia pun menekankan arti penting dari debat. Debat menjadi momentum bagi kandidat untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerjanya, untuk meyakinkan pemilih.

”Ini poin penting dan juga diharapkan akan dapat meningkatkan kesadaran politik warga negara dan partisipasi warga negara menjadi pemilih,” katanya. (Ay/BERNAS)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button