Sulbar

Hasilkan Karya Inovasi Teknologi Tepat Guna MAN 2 Polman Dapat Apresiasi Dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa

BeritaNasional.ID.Sulbar —   Menciptakan lingkungan madrasah sebagai wadah mengembangkan kemampuan bakat peserta didik didukung teknologi tepat guna yang inovatif.

Jumat 29 Juni 2022, MAN 2 Polman menyambut hangat tamu dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Polewali Mandar, kedatangan tamu tersebut dalam rangka menggali lebih dalam informasi tentang pengembangan teknologi tepat guna serta penerapan soft skill peserta didik MAN 2 Polman .

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyrakat dan Desa Hj. Andi Nursami Masdar, SE., M.Adm.KP yang langsung hadir dalam kunjungan tersebut, menjelaskan bahwa teknologi tepat guna justru sengaja dirancang dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara lebih mudah dan efisien. Keberadaan teknologi tepat guna sangat diperlukan saat teknologi sebelumnya sudah tidak dapat menutup permasalahan yang terjadi, terutama apabila teknologi sebelumnya tersebut menimbulkan dampak lain yang justru akan menjadi masalah baru. Misal, teknologi yang digunakan sebelumnya sangat mahal atau menimbulkan polusi, namun teknologi tepat guna juga bisa hadir sebagai teknologi baru, bukan sebagai pengganti teknologi sebelumnya.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Polewali Mandar Budiman, S.Pd., M.Si mengatakan bahwa madrasah berprestasi merupakan turunan dari konsep madrasah bermartabat. Artinya, salah satu indikator madrasah yang bermartabat adalah terwujudnya prestasi-prestasi yang diraih oleh sebuah madrasah di berbagai bidang.

Madrasah saat ini sebagai upaya pemenuhan hak anak yang berorientasi pada pemberdayaan, kemandirian, kerifan lokal, dengan kondisi keseharian anak, serta layanan mengembangkan berfikir kreatif, kritis dan peduli, paparnya.

Lebih lanjut Budiman menambahkan salah satu inovasi yang mulai dijalankan menyulap mesin cuci menjadi alat untuk membuat minyak kelapa, selain efisien hasil yang dihasilkan juga lebih Banyak ketimbang menggunakan peralatan manual.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button