Jawa TimurNasionalRagamSitubondo

HBP ke-59 Tahun 2023, Rutan Situbondo Terbaik Kedua se-Indonesia

SITUBONDO, BeritaNasional.id – Rumah tahanan negara (Rutan) Kelas IIB Situbondo dinobatkan sebagai Rutan terbaik kedua oleh Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia saat acara Syukuran Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 tahun 2023 yang bertempat di Ciputra Artpreneur Jakarta, Rabu (3/5/2023).

Rutan kelas IIB Situbondo sendiri berada satu tingkat di bawah Rutan Kelas II Bangli yang menyandang predikat terbaik pertama di Indonesia. Peringkat ketiga diisi oleh Rutan kelas II Wates.

Dalam sambutannya Menteri Hukum. dan Ham RI Yasonna H Laoly menyampaikan Pemasyarakatan diusia ke 59 tentunya bisa semakin matang dan dewasa dalam menghadapi tantangan dan rintangan yang semakin berat dalam tugas. Saya tegaskan Kerja Pemasyarakatan itu tidak mudah.

“Membina Anak Sekolah Saja Banyak Tantangannya, Apalagi Membina Orang Yang Bermasalah. Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh jajaran Pemasyarakatan untuk tetap kuat, berintegritas dan semangat dalam kinerja di tengah guncangan masalah yang ada, ” Ucap Yasonna.

Karutan kelas IIB situbondo Rudi Kristiawan

Dalam lesempatan yang sama Reyhnhard Silitonga selaku Direktur Jenderal Pemasyarakatan dalam sambutannya menegaskan, bahwa dalam perjalanan waktu 59 tahun ini Lembaga Pemasyarakatan Memang Tidak Sempurna, Tapi Selalu Berusaha Menjadi Lebih Baik.

“Bagaimana bisa sempurna, karena setiap hari yang kita bina, kita layani adalah orang-orang bermasalah para pelanggar hukum semua, pasti dinamika dalam tugas sangatlah tinggi,” tegas Reyhnhard Silitonga.

Pria jebolan Akpol 1989 ini membeberkan, sejak bulan Februasri 2023, Direktorat Jenderal Pemasyarakatan mengadakan lomba Unit Pelaksana Teknis Terbaik yang terdiri dari kategori Lapas, Rutan, LPKA, Bapas, dan Rupbasan seluruh Indonesia.

“Banyak hal yang menjadi indikator penilaian terbaiknya. Salahsatunya dilihat dari bagaimana pembinaannya, bentuk pelayanannya, kondisi kantornya, bagaimana dapur, klinik dan fasikitas lainnya,” bebernya.

Ditempat terpisah usai Rutan kelas IIB Situbondo dinobatkan sebagai terbaik ke dua, Karutan kelas IIB Situbondi Jawa Timur Rudi Kristiawan mengaku sangat bersyukur akan kepercayaan dari Kemenkumham RI.

“Ditengah persaingan perlombaan yang sangat ketat Se-Indonesia dari setiap indikator yang di nilai. Alhamdulillah Rutan Situbondo dinobatkan sebagai Rutan Terbaik Ke-2 Se-Indonesia tahun 2023, Terima kasih kami ucapkan kepada para pimpinan di jakarta yang telah mengapresiasi kinerja kami bersama jajaran di Rutan Situbondo,” ucap Rudi yang menjadi Nahkoda Rutan kelas IIB Situbondo sejak Novembee 2022, Kamis (4/5/2023).

Penghargaan tersebut menurut Rudi berkat kerja keras dan perubahan dari jajaran Petugas Rutan Situbondo sehingha membuahkan hasil dan menjadi kebanggan untuk Rusibon. (Sebutan kekinian Rutan Situbondo).

“Kami mengajak seluruh jajaran tidak boleh berpuas diri, jadikan ini sebagai semangat dan motivasi baru untuk kita semuanya lebih giat dan lebih keras lagi dalam bekerja,” Ungkap Pria yang sudah mengabdi selama 35 tahun itu.

Sementara itu dilihat dari jejak digital yang ada, Rudi Kristiawan selaku Karutan Situbondo, sebelumnya berturut-turut membawa Rutan Padang Panjang tahun 2021 dan 2022 lalu menjadi UPT Terbaik No 1 di Jajaran Kemenkumham Provinsi Sumatera Barat.

Sebelumnya pada tahun 2019 Alumni AKIP 43 itu juga pernah melakukan penangkapan langsung Napi yang kabur sorang diri saat dirinya bertugas di Lapas Sidoarjo.

“kami bisa mengabdikan diri untuk perubahan yang lebih baik di tubuh organisasi kita. Saya punya prinsip, dengan adanya saya disitu harus ada yang berubah lebih baik dan berwarna disitu, kita berusaha kerja baik aja mas.”. Jelas Rudi kepada awak media.

Dalam peringatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 kali ini mengambil tema “Transformasi Pemasyarakatan Semakin Pasti Berakhlak, Indonesia Maju”,, banyak UPT nya yang menyabet juara. Diantaranya Lapas Mojokerto, Bapas Malang, LPP Malang, Lapas 1 Madiun.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button