ACEH

Helmi Pimpin IGI Aceh Tamiang Periode 2021 – 2026

BERITANASIONAL.ID | ACEH TAMIANG — Helmi.S.Pd terpilih menjadi musyarawah dan mufakat dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke 1 Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Aceh Tamiang untuk periode 2021-2026 yang diselenggarakan di Gedung Sanggar Kegiatan (SKB) Kecamatan Karang Baru Aceh Tamiang, Selasa (31/8/2021).

Terpilihnya Helmi.S.Pd tersebut merupakan hasil musyawarah dan mufakat dari tiga calon Ketua IGI yang ikut dalam ajang tersebut. Tiga calon Ketua IGI tersebut masing – masing Aprida Erayani, S.Pd berasal dari SDN wilayah Kecamatan Seruway, Helmi.S.Pd berasal dari SMPN Kecamatan Manyak Payed, Tualang Cut dan Dedi Kurniawan S.Pd.MPd berasal dari SMA Wilayah Kecamatan Bandar Pusaka.

Dari hasil Musyawarah dan Mufakat dari tiga calon tersebut memutuskan Helmi, S.Pd yang juga Kepala SMP Negeri 1 Manyak Payed ditetapkan menjadi Ketua Umum IGI Aceh Tamiang, Dedi Kurniawan S.Pd.MPd sebagai Sekretaris dan Aprida Erayani, S.Pd sebagai Bendahara.

Mengawali sambutannya, Helmi, S.Pd menyampaikan rasa syukur yang mendalam atas amanah yang dipercayakan kepadanya untuk bertanggungjawab dalam menjalankan dan membesarkan organisasi Ikatan Guru Indonesia (IGI) lima tahun kedepan.

Sebagai Ketua Umum terpilih, Helmi, S.Pd mengajak keluarga besar IGI untuk berkerjasama dalam membangun dan membesarkan IGI kedepan.

“Mari kita bangun organisasi ini bersama, agar IGI kedepan lebih baik mari kita ciptakan kepengurusan yang Adaftif, Inovatif dan Progresif,” ajaknya.

Untuk menjalankan organisasi IGI ini, sambungnya tidak bisa berkerja sendiri, tentunya perlu dukungan dari semua pengurus dan anggota.

“Kedepannya kita berharap agar IGI memiliki Kantor Ranting di seluruh tingkat Kecamatan,” harapnya sembari menambahkan merasa senang dan bangga bisa bergabung di IGI dan ianya mengakui bahwa dirinya bukanlah siapa-siapa.

“Sekali lagi saya ucapkan ribuan terimakasih kepada panitia dan para peserta MUSDA yang telah memilih dan mempercayakan saya menjadi Ketua IGI Kabupaten Aceh Tamiang,” sebutnya mengakhiri.

Sebelumnya Ketua Panitia Pelaksana Ilyas, S.Pd juga, dalam laporannya mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia peserta MUSDA IGI dan rekan – rekan panitia atas kerjasama dan kontribusinya, sehingga kegiatan MUSDA ini dapat dilaksanakan dengan baik.

Dijelaskannya, Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekda Aceh Tamiang, Drs. H. Asra dan menjadi catatan dan momen bersejarah di Kabupaten Aceh Tamiang dalam rangka mensukseskan terbentuknya kepengurusan organisasi profesi Ikatan Guru Indonesia(IGI) perdana di Kabupaten Aceh Tamiang.

“Dilaksanakannya musda ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme guru, perlindungan profesi, kesejahteraan, pengabdian kepada masyarakat, serta memajukan pendidikan nasional dan mencerdaskan kehidupan bangsa,” tuturnya.

Ilyas S.Pd menambahkan untuk saat ini anggota IGI Kabupaten Aceh Tamiang yang sudah berhak memilih sebanyak 24 orang anggota, sementara jumlah keseluruhan anggota yang telah bergabung di IGI kurang lebih sebanyak 200 orang anggota.

Sementara itu sebelumnya Ketua IGI Aceh Tamiang periode sebelumnya, Hadi Firmansyah, S.Pd mengatakan untuk menjadi Ketua IGI tentunya memiliki persyaratan dan mekanisme diantaranya sebagai seorang calon harus berstatus sebagai anggota biasa IGI, sehat jasmani dan rohani, sudah menjadi anggota IGI minimal 3 tahun, bertempat tugas sebagai pengurus didaerh tersebut minimal selama 2 tahun sebelum musda dilaksanakan.

“Tidak merangkap jabatan sebagai pengurus organisasi profesi guru lain yang sejenis, tidak menjadi anggota atau pengurus parpol atau pengurus organisasi yang berafiliasi dengan partai politik, tidak menjadi pengurus organisasi terlarang, pernah atau sedang menjabat sebagai pengurus IGI, baik pusat, wilayah maupun daerah dan bagi pengurus daerah yang berdiri karena inisiasi pengurus wilayah,” jelasnya.

 

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button