DaerahJawa TimurKulinerRagamSitubondo

Hibur Warga Binaan Pemasyarakatan, Rutan Situbondo Buka Angkringan

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Untuk menghibur Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Situbondo membuka Angkringan di lapangan dalam depan kamar blok hunian WBP. Angkringan Rusibon ini melayani WBP yang membutuhkan berbagai makanan ringan dan minuman, Sabtu (17/6/2023).

Angkringan Rusibon ini, layaknya angkringan yang ada di pinggiran jalan sebagai tempat tongkrongan masyarakat dari golongan kelas bawah, menengah, hingga kelas atas. “Angkringan Rusibon ini menjual berbagai jenis makanan, seperti nasi kucing, mie goreng, mie rebus, nasi goreng, aneka gorengan bakwan, tempe, pisang, tape dan berbagai macam minuman diantaranya wedang jahe, susu, kopi dan STMJ dll. Dengan harga Rp. 4.000,- seluruh WBP sudah bisa menikmati nasi kucing Angkringan Rusibon,” Jelas Kepala Rumah Tahanan Situbondo Rudi Kristiawan.

Lebih lanjut, Rudi Kristiawan mengatakan, sengaja Angkringan Rusibon memberikan harga yang sangat murah agar bisa terjangkau oleh semua WBP. “Tujuan kami tidak semata-mata cari laba besar, tapi lebih cenderung ingin membuat semua WBP senang, nyaman, tenteram aman bersama kita, pembinaan kemandirian berjalan dengan baik, semua pegawai terangsang untuk kompak, solid, banyak yang stanby di kantor serta hiburan untuk semuanya,” jelas Alumni AKIP 43 itu.

Tak hanya itu yang disampaikan Rudi Kristiawan, WBP yang bekerja dalam angkringan tersebut sifatnya terbatas, hanya WBP yang terpilih yang sudah ikut pelatihan memasak, sudah proses pengusulan Hak Integrasi atau sebentar lagi pulang, jujur, dan tentu sudah melalui sidang TPP UPT yang sah.

“Dalam Angkringan Rusibon itu juga diberikan hiburan berupa live music accoustik dan live karaoke layaknya cafe-cafe diluaran. Melihat para pegawai yang bergantian menyanyi membuat semua WBP yang ada dikamar ikut sorak-sorak bernyanyi bergembira layaknya mereka sedang melihat konser besar diluaran. Nuansa angkringan ini didesain dengan konsep terbuka di lapangan dengan lampu berwarna kuning cenderung remang- guna menumbuhkan kesan angkringan pinggiran jalan yang sebenarnya,” jelas Rudi.

Dihadapan awak media, Rudi juga menyampaikan terimakasih telah ikutserta mensukseskan acara Angkringan masuk Rutan ini. “Setelah kita nilai dan evaluasi serta antusiasme petugas dan WBP tinggi InsyaAllah kita akan kontinyu melaksanakan Angkringan Rusibon tersebut,” pungkas Karutan Situbondo.

Sementara itu, WBP Nanang penghuni kamar 9 dihadapan awak media mengaku senang dan berterimakasih kepada Karutan yang telah menginisiasi kegiatan Angkringan Rusibon tersebut. “Tentu kami sangat senang dan terhibur. Walaupun kita di dalam kamar, tapi kita bisa berasa ada di luar. Bisa beli dan pesan makanan dari dalam kamar, nonton konser accoustik, dan ikut bernyanyi.

“Harga makanan dan minuman yang dijual di Angkringan Rusibon sangat murah dan terjangkau bagi WBP. Saya juga berharap Angkringan Rusibon setiap malam bisa buka, karena saya sangat terhibur dengan adanya live music accoustik dan live karaoke layaknya di cafe-cafe luaran,” kata Nanang. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button