AdvedtorialSulbar

Hindari PMK , Distanak Mateng Gencar Lakukan Vaksin

BeritaNasional.id.Mateng.Sulbar—.   Untuk mengantisipasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dan penyakit lainya pada ternak sapi milik warga, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Mamuju Tengah gecar lakukan vaksinasi.

Tahap kedua Vaksinasi Ternak Sapi, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) kunjungi sejumlah desa.

Vaksin tahap kedua kali ini, Distanak Mateng menyediakan 2000 dosis. Untuk Kecamatan Karossa sebanyak 500 dosis sesuai jumlah ternak yang ada di setiap wilayah.

Kegiatan kali ini, Kepala Distanak, Heranto turut serta menghadiri pemberian Vaksinasi tahap dua, di Dusun Kalia Desa Tasokko dan Desa Kambunong Kecamatan Karossa, Selasa (18/10/2022).

Heranto mengatakan, kehadirannya dilokasi untuk memantau sekaligus memastikan, kegiatan yang dijalankan oleh petugas dilokasi, serta turut memberi pemahaman kepada peternak sapi tentang pentingnya Vaksinasi untuk hewan peliharaannya.

“Kita berharap, agar seluruh warga khususnya yang memiliki ternak sapi dapat membantu petugas, dan bersedia menerima vaksin untuk hewan ternaknya, demi menghindari penyakit seperti PMK yang sedang marak menyerang hewan di daerah lain,” kata Heri sapaan Kadis, saat dikonfirmasi usai mengawali pemberian Vaksin di Dusun Kalia.

Kepala Bidang Peternakan Distanak Mateng, Nurwati menjelaskan, kegiatan yang berlangsung secara bertahap dan saat ini merupakan tahapan kedua.

“Vaksin tahap pertama sudah tuntas sampai booster dan untuk saat ini merupakan tahapan kedua pemberian Vaksin, lalu diberikan suntikan vaksin boster kedua,” jelas Nurwati disela kegiatannya.

Ia mengakui, selama bertugas menjalankan Vaksin seringkali menemukan kendala dilapangan, cuaca yang tidak menentu, terlebih lagi banyaknya hewan ternak sapi warga yang lepas sehingga harus menunggu lama untuk pemberian Vaksin.

Bahkan ia harus berangkat pagi buta dan kembali ke rumah sampai larut malam, usai menjalankan tugasnya.

Namun rintangan itu tak mengurungkan niatnya untuk membantu peternak, dalam hal pencegahan penularan penyakit hewan ternak sapi milik warga.

Seorang peternak, Busra merasa senang adanya Vaksin yang diberikan untuk ternaknya.

Ibu rumah tangga di Dusun Kalia Desa Tasokko itu merasa bersyukur, karena sejak vaksin perdana beberapa waktu lalu, ia mengaku ternaknya tampak lebih sehat dari sebelumnya.

“Saya senang karena setelah di vaksin, sapi saya sehat. Berbeda waktu belum pernah di suntik vaksin,” jelas Busra menggunakan bahasa daerah setempat.

Tampak, sejumlah petugas sedang sibuk memberi Vaksin dan Vitamin sesuai dosis, sementara warga setempat antusias menyerahkan hewan ternaknya untuk disuntik.

Selain Kadistanak Mateng Heranto, Kabid Peternakan Nurwati, juga tampak hadir dokter Hewan, dr. Ikbal. Hadir pula Staf seksi kesehatan hewan (Keswan) Bidang Peternakan Provisinsi Sulbar, Ali Usman serta sejumlah staf Distanak setempat

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button