Soppeng

HUT PMI Ke 75, Bupati Soppeng Ucapkan Selamat

BeritaNasional.ID, Soppeng –Bupati Soppeng menghadiri acara Peringatan HUT PMI ke-75 dan Pelantikan Pengurus PMI Kecamatan se Kab. Soppeng Masa Bakti 2020-2025 di Aula Gabungan Dinas. Kamis, 17 September 2020.

Sambutan Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE saya atas nama Pemerintah Daerah  menyampaikan Selamat Ulang Tahun Palang Merah Indonesia yang ke 75 Tahun 2020 dan tentunya kita berharap di usia yang ke-75 ini semakin matang dalam melaksanakan tugas.

“Palang Merah Indonesia sebagai organisasi kemanusiaan merupakan perhimpunan nasional yang terdiri atas asas perikemanusiaan dan atas dasar suka rela dan tidak membeda-bedakan bangsa golongan dan paham politik dimana prinsip penyelenggaraan adalah penjabaran dari prinsip-prinsip dasar gerakan internasional Palang Merah dan bulan sabit merah,”jelasnya Bupati Soppeng.

Ia juga mengatakan, sebagai sebuah organisasi sosial kemanusiaan keberadaan PMI tidak diragukan lagi, kita sudah melihat baik di skala internasional, nasional terkhusus di Kab. Soppeng ini yang sekarang telah bekerja walaupun belum jaringan kecamatannya terbentuk tapi ditingkat Kabupaten telah berbuat maksimal terhadap kemanusiaan khususnya yang disampaikan  tadi oleh ketua bahwa kerja-kerja sukarela yang dilakukan oleh petugas anggota PMI seperti penyemprotan desinfektan di tiap sarana publik, kemudian kegiatan-kegiatan lain, semuanya dikerjakan dengan sukarela dan kami sangat mengapresiasi semangat yang dimiliki walaupun kita dalam keadaan menghadapi  dengan virus Corona ini tapi dengan semangat yang luar biasa yang dimiliki oleh para relawan PMI yang dipimpin oleh ketua yang luar biasa dapat mengendalikan kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan.

“Mudah-mudahan dengan kebesaran jiwa kita, atas nama kemanusiaan dan bukan semata-mata karena Jabatan saya harapkan kita bersama-sama Ketua PMI nanti untuk donor bersama dan diikuti oleh seluruh pengurus Kabupaten, serta pengurus setiap Kecamatan. Kita perlihatkan kepada semua pihak bahwa PMI bisa berbuat apalagi di tengah situasi seperti ini,”harapnya.

Lebih jauh ia katakan, saya berharap para pengurus ini memiliki kewajiban untuk menyampaikan  ke masyarakat  dan perlu memahami  tentang virus ini karena kita adalah Pekerja Sosial sehingga perlu menjelaskan kepada masyarakat bahwa covid-19 ini  belum jelas kapan berakhir, karena ada sesuatu yang tidak bisa juga kita hentikan yaitu ekonomi dan pelayanan untuk masyarakat tidak boleh kita berhenti.

Sementara Ketua Palang Merah Indonesia Kab. Soppeng, Drs.A.Tenri Sessu, M.Si dalam laporannya mengatakan peringatan HUT PMI ke 75 tahun ini terasa berbeda, krena dilaksanakan ditengh situasi pandemi Covud q9, sehingga acara peringatan ini dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam masa adaptasi kebiasaan baru.

“Peringatan HUT PMI kali ini juga terasa istimewa karena bersamaan dengan pelantikan pengurus PMI Kecamatan se-kabupaten Soppeng masa bakti 2020-2025,”ucapnya.

“Kami laporkan bahwa kondisi PMI Kab. Soppeng saat ini baru mulai bangkit dna bekerja kembali setelah beberapa tahun terakhir ini mengalami kevakuman, baik dari sisi kepengurusan maupun dari sisi pelaksnaan program dna kegiatan. menyikapi kondisi tersebut, Pengurus PMI Kab. Soppeng masa bakti 2019-2024 bertekad untuk kembali menata organisasi PMI kab. Soppeng, dimulai dengan konsolidasi internal organisasi dan penyusunan program kerja. salah satu wujud pelaksanaan program kerjanya yaitu pembentukan pengurus PMI Kecamatan dimana PMI Kecamatan berperan penting sebagai ujung tombak dalam mengorganisir pelaksanaan program dna kegiatan PMI Kabupaten di lapangan,”ungkapnya.

“Semoga dengan terbentuknya kepengurusan PMI kecamatan dapat memberikan suntikan energi baru dan penguatan organisasi PMI Kab. Soppeng dalam menjalankan misi kemanusiaan,”jelasnya.

“Melalui momentum peringatan HUT PMI ke 75 tahun 2020 dengan mengangkat Tema “Solidaritas Untuk Kemanusiaan”, maka diharapkan akan menjadi pemicu bagi PMI Kab. Soppeng untuk lebih solid bekerja dalam mengemban misi Kemanusiaan.Tema ini pula penting ditengah upaya kita melawan pandemi Covid 19 dengan harapan seluruh komponen bangsa dan pemangku kepentingan dapat bersama-sama mengatasi berbagai persoalan kemanusiaan,”lanjutnya lagi.

Lebih jauh saya katakan, di tengah pandemi ini, PMI Kab. Soppeng telah ikut mengambil peran aktif melalui Satuan Gugus Tugas Covid 19 Kab. Soppeng, dimana PMI berperan aktif dalam upaya penanganan wabah dengan melakukan kegiatan   berupa penyemprotan
disinfektan secara rutin dan terjadwal pada sarana publik, serta PMI juga melakukan kegiatan promosi kesehatan berupa kegiatan sosialisasi dan edukasi keliling, penyebaran pamflet, pembagian masker dna sabun kepada masyarakat.

Untuk diketahui, Ketua PMI Kab. Soppeng melantik 136 orang pengurus PMI Kecamatan se Kab. Soppeng  kemudian
dilanjutkan penandatanganan berita acara Pelantikan Pengurus PMI Kecamatan se Kab. Soppeng Masa Bakti 2020-2025.

Turut hadir, Pimpinan DPRD, para Anggota Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, para Kepala SKPD, para Camat, para anggota dan  pengurus PMI se Kab. Soppeng, dan undangan lainnya.(red)

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close