DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Idul Fitri, Haji Lilur Gelar Silaturahmi dan Bincang Santai Dengan Aktivis, Akvokad serta Wartawan

BeritaNasional.ID-SITUBONDO JATIM, Momentum Hara Raya Idul Fitri 1444 H, HRM. Khalilur Rahman Abdullah Sahlawiiy Raja Tambang Situbondo menggelar Halal Bi Halal sekaligus bincang bincang santai mengupas tuntas pertambangan di Situbondo dengan aktivis, advokad dan wartawan yang berlangsung di Aula Peternakan Raksasa Dusun Sokaan, Desa Trebungan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Sabtu (29/4/2023).

Dalam Halal bi Halal tersebut, HRM. Khalilur Rahman Abdullah Sahlawiiy, Raja Tambang Situbondo ini menyampaikan permohonan maaf kepada semua tamu undangan. Sebaliknya, para tamu undangan juga menyampaikan permohonan maaf kepada Haji Lilur.

Selanjutnya, pria kelahiran Dusun Sokaan, Desa Trebungan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo ini mengatakan bahwa, PT Tamami Graup akan berbagi berkah kepada masyarakat Situbondo apabila tambang yang dikelola oleh PT Tamami Graup berjalan di Situbondo. “Pembagian berkah dari hasil tambang ini, akan saya sisihkan untuk masyarakat dan pendidikan anak-anak Situbondo yang berprestasi,” tuturnya.

Adapun yang mengelola PT Tamami, sambung Haji Lilur, dipercayakan kepada Arif Ris Cahyono sebagai Direktur Utama, Ide Prima sebagai Komisaris Utama, Aman Al Muhtar sebagai wakil Komisaris dan sebagai Taufik Direktur Operasional. “Saya berjanji hasil tambang di Situbondo tidak akan saya makan bersama keluarga, tapi hasil tambang Situbondo akan bagikan kepada masyarakat miskin serta menyekolahkan anak anak pintar asal Situbondo,” tegas H Lilur.

Lebih lanjut, Raja Tambang Situbondo ini mengatakan bahwa, di Kabupaten Situbondo dirinya memiliki 78 blok tambang. “Saya akan memulai kegiatan penambangannya di Kabupaten Situbondo mulai 1 Juni 2023 langsung di 6 lokasi tambang. Lalu menyusul akan dioperasikan 7 Lokasi Tambang pada Juli, kemudian berturut-turut 10 tambang setiap bulan sejak Agustus, September, Oktober, November. Pada tanggal 1 Desember 2023 jumlah total 53 tambang akan beroperasi di Kabupaten Situbondo,” tegasnya.

Jika seluruhnya blok tambang beroperasi, sambung HRM. Khalilur Rahman Abdullah Sahlawiiy, maka tentunya akan menyerap berbagai lowongan tenaga kerja. “Terkait lowongan pekerjaan secara masif akan dikomunikasikan ke PT TAMAMI GRAUP yang beralamat di Jl. Argopuro No. 100 depan SMAN 1 Panji Situbondo,” ujarnya.

Tak hanya itu yang disampaikan HRM. Khalilur Rahman Abdullah Sahlawiiy. Akan tetapi, dia juga menegaskan setelah ditambang lahan tersebut harus direklamasi, dengan cara penanaman pohon Lontar, Aren dan Gaharu. “Pasca reklamasi akan ada 2500 Ha Kebun baru di Situbondo yakni Kebun Pohon Aren, Kebun Pohon Lontar dan Kebun Pohon Gaharu. Dengan demikian akan menyerap tenaga kerja baru di Situbondo,” jelasnya.

Haji Lilur juga menegaskan jika blok tambangnya sudah beroperasi di Kabupaten Situbondo, maka secara otomatis penyerapan tenaga kerja terus dilakukan secara bertahap. “Saya juga terus berbagai rejeki kepada fakir miskin, janda-janda tua, terus memondokan dan mengkuliahkan anak-anak pintar asal Situbondo yang sudah dilakukan bertahun-tahun serta berbagi rejeki dengan pihak lainnya,” tuturnya.

Selain itu, kata Haji Lilur, membuka usaha tambang di Kabupaten Situbondo bukan untuk memperkaya diri pribadi, tapi untuk membantu masyarakat miskin dan membuka lapangan pekerjaan baru di Kabupaten Situbondo. “Berbagi rejeki merupakan niat saya untuk menghilangkan sifat kikir sesuai dengan anjuran Agama Islam,” paparnya.

Untuk itu, kata Haji Lilur, mohon dukungan dan doa dari masyarakat agar usaha tambang di Kabupaten Situbondo bisa terlaksana dengan lancar dan hasil dari usaha tambang ini bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Situbondo. (Heru-As’ad/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button