HeadlineNasionalPemerintahan

Indonesia-China Sepakat Gencatan Senjata di Gaza

“Kami (Indonesia dan China) Sepakat Untuk Mendukung Palestina Menjadi Anggota Penuh di PBB -Retno Marsudi”

BeritaNasional.ID, Jakarta — Usai pertemuan bilateral antara Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dengan Menlu China Wang Yi, keduanya menegaskan untuk sepakat dengan adanya gencatan senjata di Gaza akibat perang Palestina dan Israel. Hal ini disampaikan di Gedung Nusantara, Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Kamis (18/4).

Retno mengatakan bahwa Indonesia dan China sepakat agar two state solution atau solusi dua negara dilakukan untuk menyelesaikan konflik antara Palestina dan Israel.

“Kita memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya gencatan senjata di Gaza dan penyelesaian masalah Palestina secara adil, melalui two state solution,” ujarnya.

Selain itu, Retno menyampaikan bahwa Indonesia dan China mendukung Palestina menjadi Anggota Penuh di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Indonesia akan mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB. Stabilitas Timur Tengah tidak akan terwujud tanpa isu penyelesaian isu Palestina,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Retno kemudian mengungkapkan, Indonesia dan China juga sepakat untuk menjaga stabilitas perdamaian di Timur Tengah. Stabilitas dan perdamaian Indo Pasifik hanya akan terwujud jika semua pihak menghormati hukum internasional.

Indonesia juga menghargai dukungan China terhadap ASEAN Outlook on the Indo-Pasifik.

“Kita memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya semua pihak menahan diri dan pentingnya untuk de-eskalasi. Saya menjelaskan mengenai upaya diplomatik yang dilakukan Indonesia sejauh ini dan saya yakin RRT akan menggunakan pengaruhnya guna mencegah terjadinya eskalasi,” pungkasnya.

(Ay/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button