DaerahJawa TimurPertumbuhanRagamSitubondo

Ini Kata Bupati Situbondo Pada Peresmian Jalan Sidomulyo-Merak Baluran

SITUBONDO JAWA TIMUR, BeritaNasional.id – Bupati Situbondo, Karna Suswandi ketika memberikan sambutan dihadapan Gubernur Jawa Timur pada peresmian jalan makadam dari Dusun Sidomulyo hingga ke Dusun Labuhan Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo mengatakan, sebelum dirinya menjabat sebagai bupati sudah berjanji kepada masyarakat Dusun Labuhan Merak untuk membuka akses jalan, Senin (9/1/2023).

“Sebelum saya menjabat bupati, akses jalan dari Dusun Sidomulyo hingga ke Dusun Merak Kawasan konservasi Taman Nasional Baluran ini setapak dan berbatuan dan hanya bisa di lalui dengan kendaraan roda dua. Ketika musim hujan jalan licin dan berlumpur jika musim kemarau jalan berdebu. Kala itu, masyarakat Dusun Merak cuek ketika saya bilang akan membangun akses jalan ini, karena sudah banyak yang menjanjikan jalan ini tapi tidak pernah terealisasi,” kata Bupati Karna dihadapan Gubernur Jawa Timur.

Untuk membuktikan janjinya itu, sambung Bupati Karna, pada tahun pertama menjabat, pihaknya sudah menganggarkan, namun karena waktu sehingga anggaran tahun 2021 ditunda pada tahun 2022 baru bisa direalisasikan. “Alhamdulillah akses jalan yang dinantikan bertahun tahun oleh warga Dusun Labuhan Merak, saat ini sudah selesai pembangunannya,” tuturnya.

Lebih lanjut, Bupati Karna, mengatakan bahwa akses jalan ini sangat penting bagi masyarakat Dusun Labuhan Merak dan Pemerintah Kabupaten Situbondo. “Dikawasan Labuhan Merak konservasi Taman Nasional Baluran ini terdapat delapan destinasi wisata yang masih ‘perawan’. Diantaranya, wisata Sejile, Bilik, Lempuyang, Balanan, Sirondo, Kajang dan Batu Hitam serta Kakapa,” tuturnya.

Dipantai Kakapa, lanjut Bupati Karna, jika air laut surut, maka bisa menuju ke Pulau Kakapa melalui jalan pasir. “Akses jalan ini, belum bisa menjangkau delapan destinasi wisata, karena ijin yang disetujui hanya sepanjang 10 kilometer. Hanya bisa menjangkau dua distinasi wisata yakni Pantai Bilik dan Panta Sijile. Sedangkan, untuk samapai ke pusat permukiman masyarakat tinggal 300 meter yang belum kita bangun, dan kita akan terus usahakan,” ucapnya.

Bupati Situbondo yang akrab di sapa Bung Karna ini menegaskan, dibukanya akses jalan ini, demi kepentingan, kemakmuran dan peningkatan ekonomi masyarakat. “Semoga dengan diresmikan akses jalan ini, nilai-nilai perekonomian masyarakat Dusun Merak atau Labuhan Merak bisa meningkat,” pungkasnya.

Dilain pihak, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengacungkan jempol atas kerja keras Bupati Situbondo Karna Suswandi menerobos Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia untuk mendapatkan ijin membangun Jalan Merak Kawasan Konservasi Taman Nasional Baluran Situbondo ini. “Pembangunan jalan ini masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Baluran. Pak Bupati bisa menembus KLHK ini luar biasa,” ujar Gubernur Jawa Timur. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button