DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Ini Kata Bupati Situbondo Saat Menghadiri Peringatan HAN Tahun 2022

SITUBONDO JAWA TIMUR – BeritaNasional.id – Bertepatan dengan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2022, Pemerintah Kabupaten Daerah Kabupaten Situbondo, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, (DP3AP2KB), meraih piagam penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Sabtu (23/7/2022).

Sambutan yang disampaikan Bupati Situbondo Karna suswandi pada kegiatan peringatan HAN di gasebo alun alun Situbondo mengapresiasi kerja keras DP3AP2KB yang telah meraih predikat Kota Layak Anak (KLA) Situbondo naik satu tingkat, dari Madya menjadi Nindya. “Kita patut berbangga, Kadis DP3AP2KB Kabupaten Situbondo menerima penghargaan KLA dengan klasifikasi Nindya dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Ini sebuah kinerja yang patut mendapat acungan jempol. Karena tahun kemarin (2021 -red) KLA kita masih Madya,” jelas Bupati Karna.

Lebih lanjut, pria yang akrab dipanggil Bung Karna ini optimis pada tahun 2023, KLA Situbondo bisa semakin meningkat atau minimal masih bisa mempertahankan predikat Nindya ini. “Pemenuhan hak anak yang meliputi hak hidup, tumbuh, berkembang dan berbakti kasih secara wajar, sesuai dengan harkat martabat kemanusiaan serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi tersebut menjadi tanggungjawab semua pihak,” tuturnya.

Oleh karena itu, sambung Bupati Situbondo, Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo akan terus mendorong semua pihak agar selalu melindungi hak-hak anak sesuai dengan mekanisme yang ada. “Mari kita pastikan anak-anak di Kabupaten Situbondo tetap mendapat perlindungan secara maksimal,” pungkas Bupati Situbondo.

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Situbondo, Drs H Moh Imam Darmaji mengatakan bahwa, Kabupaten Situbondo mendapat piagam penghargaan Nindya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, berkat kerja keras pihak-pihak yang terlibat dalam program Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Situbondo.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi kami sebagai leading sektor program Kabupaten Layak Anak mendapat anugrah atau penghargaan piagam Nindya dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Sebab, untuk meraih piagam Nindya memerlukan kerja keras dan kekompakan pihak-pihak terkait dalam mengaplikasikan program secara konkrit,” jelas mantan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan Imam Darmaji, namun dia juga menjelaskan pada acara peringatan HAN 2022 ini, pihaknya menggelar berbagai kegiatan. Diantaranya, pameran kreatif anak Situbondo, pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil, pelayanan kesehatan gratis, pelayanan pojok membaca, olahan makanan bergizi, fokal solo competition, lomba mewarnai, festival makanan sehat, festival anak Situbondo, lomba gemar makan ikan. “Peserta lombanya Forkopimda, kepala OPD di Lingkungan Pemkab Situbondo, Camat, dan anak-anak usia PAUD sampai SMA,” pungkasnya.

Sekedar informasi, hadir dalam kegiatan peringatan Hari Anak Nasional yang berlangsung di gasebo alun-alun Situbondo tersebut, Bupatii Situbondo, Karna Suswandi, Ketua TP-PKK Hj. Juma’ati Karna Suswandi, Wabup Situbondo Nyai Hj. Khoirani, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Situbondo, dan Forkopimda setempat.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button