DaerahJawa TimurPendidikanRagamSitubondo

Ini Kata Dandim Situbondo Saat Jadi Narasumber Sosialisasi Wawasan Kebangsaan

BeritaNasional.ID-Situbondo Jawa Timur, Wawasan Kebangsaan pada hakikatnya merupakan Implementasi nilai-nilai yang bersumber dari 4 konsensus dasar, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Demikian disampaikan Komandan Kodim 0823 Situbondo Letkol inf Bayu Anjas Asmoro, SE, ketika menjadi narasumber pada sosialisasi wawasan kebangsaan yang dilaksanakan Bakesbangpol Situbondo, Rabu (12/4/2023).

“Nilai-nilai ini, menjadi panduan dan pedoman bagi bangsa Indonesia untuk membangun jati diri dan karakter bangsa,” kata Dandim 0823 Situbondo dihadapan sekitar 60 peserta unsur generasi muda, tokoh agama serta tokoh masyarakat di Aula Dian Group Jalan Basuki Rachmad, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo.

Bukan hanya itu yang disampaikan Dandim 0823 Situbondo dihadapan peserta sosialisasi wawasan kebangsaan. Namun Letkol Inf Bayu Anjas Asmoro juga memberikan pemahaman yang mendasar dan mendalam tentang pentingnya menjaga dan memelihara empat Pilar Kebangsaan Indonesia.

“Pemahaman tentang wawasan kebangsaan sangat penting bagi warga negara, untuk turut serta menjaga keamanan dan persatuan NKRI serta mampu berbuat dan mengisi kemerdekaan agar lebih bermakna. Dalam hal ini, generasi muda mempunyai peranan penting dalam melestarikan 4 pilar kebangsaan serta memiliki peran strategis dan signifikan dalam perkembangan kehidupan bermasyarakat,” jelas Dandim 0823 Situbondo.

Untuk itu, Dandim 0823 Situbondo berharap kepada generasi muda dapat menyadari, memahami dan mengerti akan pentingnya menjaga 4 pilar kebangsaan serta mencintai tanah air. “Dengan dilaksanakan kegiatan wawasan kebangsaan ini, semoga dapat memotivasi generasi muda untuk belajar pengetahuan tentang Pancasila, hidup berbhineka tunggal ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Sehingga dapat membentengi generasi muda dari pengaruh negatif, informasi yang tidak benar yang bertujuan untuk memecah belah persatuan,” pungkas Dandim Situbondo.

Sekedar informasi, kegiatan wawasan kebangsaan ini, di hadiri, Kepala Bakesbangpol Sopan Efendi, Anggota DPRD Situbondo Fraksi PKB, Umi Latifa serta para tokoh Masyarakat Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button