BanjirDaerahJawa TimurRagam

Ini Keterangan Pers Yang Disampaikan Administratur Perhutani Bondowoso

BeritaNasional.id-BONDOWOSO JAWA TIMUR, Pasca banjir bandang yang membawa matrial lumpur dan batang-batang pohon, jajaran Forkopimda Bondowoso dan Forkopimcam Ijen melaksanakan press release tentang terjadinya bencana alam banjir bandang yang melanda Desa Sempol dan Desa Kalisat, Kecamatan Ijin, Kabupaten Bondowoso, Senin (13/2/2023).

Keterangan yang disampaikan Andi Adrian Hidayat Administratur Perhutani Bondowoso menjelaskan, bahwa hujan dengan intensitas tinggi di wilayah pegunungan Ijen yang terjadi mulai hari Sabtu tanggal 11 Februari hingga hari Minggu tanggal 12 Februari 2023 tersebut menyebabkan terjadi longsor pada kawasan hutan alam sekunder (HAS) jenis tanaman rimba alam di petak 99A RPH Dataran Ijen BKPH Sukosari.

“Hal ini diketahui berdasarkan pantauan kami melalui pesawat tanpa awak (Drone) terdapat 14 titik longsor pada hulu sungai yang mengalir ke perkampungan warga di desa Sempol dan Desa Kalisat, Kecamatan ijen, Kabupaten Bondowoso. Berawal dari adanya longsoran tersebut, maka mengakibatkan genangan air melimpah dan akhirnya tidak dapat terbendung oleh longsoran tanah yang akhirnya terjadi banjir bandang,” jelas Andi Adrian Hidayat.

Selain itu, sambung Andi Adrian Hidayat, melubernya arus air ke pemukiman penduduk dan jalan, karena kapasitas sungai dan drainase pada hilir tidak dapat menampung aliran banjir yang datangnya secara tiba tiba. “Kawasan hutan petak 99A kondisi tanaman rimba alam-nya sangat baik dan rapat serta tidak ada penggarapan oleh masyarakat sekitar, sehingga dapat dipastikan bahwa banjir bandang yang terjadi ini murni karena adanya tanah longsor dibeberapa titik tersebut,” jelas Andi.

Tak hanya itu yang disampaikan ADM Perhutani Bondowoso ini, namun Andi juga menjelaskan bahwa, untuk penanggulangan pasca bencana alam banjir bandang pihaknya menurunkan 53 orang petugas perhutani untuk bergabung dengan BPBD Kabupaten Bondowoso. “Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu waspada menghadapi cuaca extrem yang tidak menutup kemungkinan akan terjadi dalam beberapa hari kedepan,” himbau Andi Adrian Hidayat.

Sebagai wujud keperdulian seluruh karyawan dan karyawati Perum Perhutani KPH Bondowoso, kata Andi, pihaknya memberikan bantuan sembako untuk korban bencana alam banjir bandang tersebut. “Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan dapat meringankan beban korban bencana alam banjir bandang ini,” pungkas Andi.

Pewarta           :Samsul Arifin

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button