DaerahJawa TimurPolitikRagamSitubondo

Ini Komentar Ketua DPRD Situbondo, Terkait Pemkab Mendapat Nilai E Dari Kemntrian Keuangan RI

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Situbondo, Edy Wahyudi SE, merasa prihatin terhadap kondisi tatakelola Pemerintahan Kabupaten Situbondo saat ini, Selasa (19/4/2022).

Sebab, dari hasil penilaian yang dilakukan Mentri Keuangan Republik Indonesia, nilainya Kabupaten Situbondo hanya mendapat E, bahkan seluruhnya tidak ada yang mendapat nilai B. Hal ini, akan berdampak besar Kabupaten Situbondo tidak akan mendapat Dana Insentif Daerah (DID).

Ketua DPRD, Edy Wahyudi mengatakan, turunnya penilaian tersebut, menjadi menjadi catatan buruk bagi Pemerintah Kabupaten Situbondo. “Semoga kedepan tatakelola Pemerintah Kabupaten Situbondo lebih baik, sehingga tidak mendapat nilai E, seperti sekarang ini,”kata Edy Wahyudi.

Lebih lanjut, Edy Wahyudi mengatakan, salah satu kinerja dari Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo saat ini masuk penilaian kategori E. Diantaranya pada bidang tatakelola Kemdirian Keuangan Daerah. Sadangkan, bidang Pelayanan Dasar Publik itu, ada angka partisipasi murni, angka akses sanitasi layak. “Sedangkan pada bidang penurunan angka penduduk miskin nilainya E, termasuk juga tingkat pengangguran terbuka juga mendapat nilai E,” beber Edy Wahyudi.

Hal ini, sambung Edy Wahyudi, tampaknya akan berpengaruh terhadap perolehan DID. “Jadi, kemungkinan besar kita pada tahun mendatang tidak akan dapat DID. Hal ini disebabkan oleh beberapa bidang yang masuk dalam penilaian E dari Kementrian Keuangan RI,” jelasnya.

Selanjutnya, sambung Edy Wahyudi, seluruh komisi komisi yang ada di DPRD Situbondo akan melakukan kontrol sesuai dengan bisa peran dan fungsinya masing-masing. “Misalnya, Anggota Dewan akan melakukan fungsi bagutting dan pengawasan pada masing masing OPD mitra kerjanya agar kinerja di pemerintah kabupaten ini benar benar bisa maksimal,” jelasnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Edy Wahyudi, namun pihaknya berharap kepada Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Situbondo agar benar benar serius dalam melaksanakan tugas dan kerjanya. “Jadi, jangan hanya ikut ke barat ke timur mengikuti kegiatan Bupati. Saya harap kepala OPD lebih mementingkan tugas dan kerja supaya penilaian terhadap kinerja di OPD tersebut tidak lagi jeblok,”pungkasnya.

Publisher         : Heru Hartanto

Pewarta           : As’ad Zuhaidi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button