DaerahJawa TimurRagamSitubondoSosial

Ini Penjelasan dr. Armanto Sidohutomo Sp.M Terkait Operasi Mata Katarak Gratis di RSUD Besuki Situbondo

BeritaNasional.id – SITUBONDO – JAWA TIMUR – Keterangan yang disampaikan dr. Armanto Sidohutomo Sp.M mengatakan bahwa, operasi mata katarak gratis Program Gebrak Bersinar yang berlangsung di RSU Besuki, Kabupaten Situbondo ini mengunakan teknik Phocoemulsification dan ditunjang dengan alat-alat canggih, Minggu (20/6/2022).

“Dengan teknik Phocoemulsification dan ditunjang dengan alat-alat canggih, Insya Allah tingkat kesembuhan pasien pasca operasi akan cepat sembuh. Sebab, pada teknik tersebut, tidak menggunakan jahitan,” jelas dr. Armanto Sidohutomo Sp.M pemilik Klinik Mata Tritya, Surabaya.

Lebih lanjut, dr. Armanto Sidohutomo mengatakan bahwa, sebanyak 145 pasien mata katarak dengan berbagai keluhan sudah di operasi di RSU Besuki Situbondo. “Insya Allah tingkat kesembuhan pasien yang habis menjalani operasi kurang lebih mencapai 90 persen dan pada operasi ini ada sekitar 10 persen pasien mata katarak yang menderita diabetes dan hipertensi serta pasien yang mengalami kebutaan karena terlambat dalam penanganan,” jelas dr. Armanto Sidohutomo.

Armanto Sidohutomo menjelaskan bahwa, operasi mata katarak dengan teknik Phocoemulsification dan ditunjang dengan alat-alat canggih, hari ini di operasi dan perban bisa langsung di buka pada esok harinya. “Sehari setelah operasi, pasien bisa membuka perban keesok harinya,” jelas dr. Armanto Sidohutomo.

Tak hanya itu yang disampaikan dr. Armanto Sidohutomo, namun dia menegaskan bagi masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan pada mata agar segera dilakukan pemeriksaan agar tidak terlambat dalam penangannya. “Penyakit mata katarak ini biasanya mengenai orang-orang yang berusia diatas 55 tahun. Apalagi, orang-orang yang menderita penyakit diabetes dan hipertensi sangat cepat terserang penyakit mata katarak. Untuk itu, saya imbau ketika mengalami kerabunan pada mata segera di periksaan ke RSUD dan Puskesmas-Puskesmas terdekat,” imbau dr. Armanto Sidohutomo.

Sementara itu, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Besuki, dr. H. Imam Hariyono mengucapkan terima kasih kepada dr. Armanto Sidohutomo pemilik Klinik Mata Tritya Surabaya dan para sponsor atas kerja samanya melaksanakan operasi mata gratis Program Gebrak Bersinar yang berlangsung di RSUD Besuki.

“Tanpa dukungan dari Klinik Mata Tritya Surabaya, Bupati dan Wakil Bupati Situbondo, para sponsor, Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Puskesmas se Kabupaten Situbondo serta pihak-pihak terkait yang terlibat langsung maupun tidak langsung, maka operasi mata katarak gratis ini tidak akan sekses. Oleh karena itu, atas nama pribadi maupun atas nama Direktur Rumah Sakit Situbondo, saya mengucapkan terima kasih atas segala dukungannya,” kata dr. Imam Hariyono.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button