DaerahJawa TimurSitubondo

Ini Pesan Bupati Saat Melepas 863 Calon Jemaah Haji Situbondo

BeritaNasional.ID, SITUBONDO JATIM – Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi MM, melepas sebanyak 863 calon jemaah haji (CJH) Kabupaten Situbondo tahun 2024. Pelepasan CJH yang berlangsung di Pendopo Aryo Situbondo ini, terlaksana dengan khidmat, Senin (20/5/2024).

Rincian CJH tersebut, terdiri dari 417 jemaah laki-laki dan 446 jemaah perempuan serta 15 jamaah cadangan yang akan diberangkatkan pada Hari Jumat tanggal 24 Mei 2024.

Sedangkan, CJH termuda tahun ini berusia 18 tahun atas mama Ihsanur Robik bin Moh Kamil Rubasin warga Desa Kumbangsari, Kecamatan Jangkar, Kabupaten Situbondo dan CJH tertua berusia 92 tahun atas nama Mukminul bin Saddin warga Desa Seletreng, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo.

Keterangan yang disampaikan, Kepala Kementerian Agama Kabupaten Situbondo (Kemenag Situbondo), Fandi mengatakan ada 863 CJH Situbondo ini, terbagi menjadi tiga kloter. “Untuk kloter 53 dan 54 full CJH dari Situbondo. Per kloter berisi 366 jemaah dan 5 petugas haji. Jadi, totalnya per kloter berjumlah 371,” tuturnya.

Untuk kloter 55, lanjut Fandi, kloter gabung dengan CJH asal Kabupaten Blitar dan Kabupaten Sidoarjo. “CJH Situbondo akan diberangkatkan pada tanggal 24 Mei 2024 mendatang. Semua CJH Situbondo sudah melakukan test kesehatan dan test kebugaran,” tuturnya.

Persyaratan untuk vaksin Covid-19, Sambung Fandi, sudah tidak menjadi persyaratan, hanya vaksin meningitis yang wajib dilakukan, sedangkan untuk influenza dan polio dianjurkan. “Keberangkatan di bagi menjadi 3 wilayah, yakni wilayah timur, tengah dan barat,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Karna Suswandi dalam sambutannya, berpesan kepada CJH agar menjaga nama baik kabupaten Situbondo, dengan menjadi tamu yang baik dan berakhlak di Tanah Suci Mekkah, Arabsaudi.

“Saya berharap kepada CJH asal Situbondo ketika kembali ke tanah air atau asalnya Situbondo sudah menyandang predikat haji yang mabrur. Untuk itu, sebelum berangkat kita harus bisa meluruskan niat bahwa betul-betul ingin melaksanakan ibadah haji. Jaga kesehatan agar kita bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik,” kata Bupati Situbondo Karna Suwandi. (Heru/Bernas)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button