BondowosoDaerahJawa Timur

Inovasi Digitilasi Administrasi Pemerintah Desa/Kelurahan Kalau Sudah Rampung Akan Diterapkan Di Bondowoso

BeritaNasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Pada era globalisasi ini, hampir seluruh kegiatan menggunakan sistem digitalisasi. Termasuk administrasi Pemerintah Desa/Kelurahan. Di Bondowoso, murid SMKN 1 Tapen menemukan inovasi digitalisasi administrasi Pemerintah Desa/Kelurahan.

Menanggapi temuan tersebut, Wakil Bupati H. Irwan Rahmat Bahtiar, SE, Msi sangat mengapresiasi. Dan kalau sudah rampung, apalagi mendapat hak cipta, akan sangat baik diterapkan di seluruh Pemerintah Desa/Kelurahan di Bondowoso.

“Sekarang kan sudah zamannya digitalisasi. Temuan ini sangat imovatif. Dan akan lebih efisien dan efektif, jika diterapkan di seluruh Pemerintah Desa/Kelurahan di seluruh Bondowoso,” kata Irwan, sapaan Wabup, jum’at, 26/5 2023.

Inovasi ini, lanjutnya, sangat efisien dan efektif jika diterapkan pada Pemerintah Desa/Kelurahan. Warga yang membutuhkan layanan administrasi, cukup dilakukan melalui android. Masing-masing Pemerintah Desa/Kelurahan mempunyai aplikasi tersendiri.

Ditambahkan, setidaknya, inovasi baru ini melibatkan 3 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Dinas Pemberdayaan Masayarakat Desa (DPMD), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk Capil) dan Diskominfo.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disparpora), Mulyadi, SP, MM, mengatakan, ide ini muncul dari lomba yang digelar Disparpora Provinsi Jatim, yaitu lomba Pemuda Pelopor dibidang IT.

“Kebetulan ada anak SMKN 1 Tapen, Fajar Putra, mempunyai inovasi yang beri nama Si PeSuD (Sistem Pelayanan Surat Desa). Dia mengambil sampel di Desa Cindogo Kecamatan Tapen,” jelasnya.

Tim penilai dari Disparpora Jatim, lanjutnya, melakukan penilaian dengan datang langsung ke Pemerintah Desa yang dijadikan sampel. Kalau inovasi Si PeSuD mendapat jauara 1 di Provinsi Jatim, maka akan dikutkan lomba di tingkat Nasional.

Ditambahkan, Si PeSuD sangat cocok jika diterapkan di era yang serba digitalisasi ini. Sistem ini bukan hanya bisa membuat surat via elektronik, tapi juga bisa menyimpan seluruh arsip surat-surat. (Zainul Muhaimin)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button