Headline

Inovasi SIMAMA Bukti Kasih Sayang Merlan kepada Kaum Ibu dan Bayinya

BeritaNasional.ID, BONE BOLANGO GORONTALO — Bukan Merlan Uloli jika tak punya segudang inovasi. Setelah dinilai sukses dengan inovasi Bunga Desa yang merupakan program pelayanan langsung masyarakat di tingkat desa, kali ini Bupati perempuan pertama di Gorontalo itu kembali meluncurkan inovasi SIMAMA.

SIMAMA sendiri merupakan akronim dari System Manajemen Antar Ibu Pasca Melahirkan.

Merlan Uloli mengungkapkan bahwa Inovasi SIMAMA bermula dari pengalamannya saat berkunjung ke RSUD Toto Kabila. Saat itu ia melihat seorang Ibu bersama bayinya akan pulang menggunakan kendaraan bentor (salah satu alat transportasi umum di Gorontalo) dalam kondisi masih meringis menahan rasa sakit setelah melahirkan.

“Sebagai seorang Ibu, saya dapat merasakan apa yang dirasakan oleh pasien ini, dan membuat saya Iba. Saya menginstruksikan kepada manajemen RSUD Toto untuk membuat sebuah program agar ibu pasca melahirkan di RSUD Toto Kabila dapat diantarkan pulang sampai ke rumahnya, sehingga lahirlah inovasi SIMAMA,” ungkapnya saat memberikan sambutan pada kegiatan Launching Inovasi SIMAMA yang digelar di Halaman RSUD Toto Kabila, Jum’at (21/6/24).

Merlan mengatakan bahwa peluncuran SIMAMA yang ditujukan untuk keluarga miskin dan membutuhkan ini merupakan bukti nyata komitmen pemerintah kabupaten yang lebih baik dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat.

Karena seringkali ibu melahirkan yang tidak punya kendaraan pasca lahiran harus pulang naik bentor dengan memuat barang yang begitu banyak dan bertumpuk jadi satu bersama ibu dan bayinya bahkan dengan anaknya yang lain.

“Belum lagi jika harus melalui jalan yang berlubang, bisa dibayangkan betapa stresnya seorang ibu pasca melahirkn dengan kondisi seperti itu,” ujarnya.

Ia pun berharap, sistem ini diharapkan mampu memberikan dukungan yang optimal bagi para ibu pasca melahirkan dalam menjaga kesehatan diri dan bayinya.

“Karena dengan memahami perasaan seorang ibulah maka saya berpikir untuk menolong mereka dengan meminjamkan mobil yang ada di RS untuk membantu mengantarkan pulang sampai kerumahnya dengan tenang dan bahagia,” pungkasnya.

(Noka)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button