ACEH

Inspeksi ke Perumda Tirta Pase, Pj Bupati Apresiasi Perubahan Kinerja Manajemen Baru

BeritaNasional.ID | Aceh Utara – Penjabat Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, melakukan inspeksi khusus dalam kunjungannya ke Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Pase.

Inspeksi yang dilakukan pada Jumat akhir pekan lalu itu, guna mengawasi secara langsung kegiatan yang selama ini dilaksanakan oleh manajemen baru Perumda Tirta Pase. Sebagaiman diketahui, pejabat direksi baru perusahaan itu dilantik pada awal Mei 2023 lalu.

“Juga kita lakukan inspeksi terhadap kinerja karyawan dalam melaksanakan tugas rutinitas mereka.  Kita harapkan dengan telah adanya manajemen yang baru akan bisa membawa suasana baru di kalangan karyawan sehingga meningkatkan produktivitas kerja,” kata Azwardi, Rabu, 21 Juni 2023.

Kunjungan Azwardi pada Jumat lalu, 16 Juni 2023, disambut langsung oleh Direktur Utama Perumda Tirta Pase Imran, ST, di ruang kerjanya. Pada kesempatan itu Azwardi melakukan serangkaian diskusi dengan karyawan beserta unsur manajemen yang ada. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh informasi langsung terhadap perubahan yang sedang dilakukan, dari sini nantinya bisa menjadi bahan evaluasi terhadap kondisi faktual terkait upaya peningkatan pelayanan bagi masyarakat yang memanfaatkan distribusi air bersih dari Perumda Tirta Pase.

Di samping itu, juga dilakukan diskusi dengan jajaran manajemen dalam rangka melihat efektivitas re-organisasi dalam penataan sistem kerja yang efisien dan produktif. Lebih jauh, Pj Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi, mengapresiasi perubahan yang sedang dilakukan oleh manajemen baru Perumda Tirta Pase, karena selain mampu meningkatkan stabilitas beban perusahaan, juga telah menerapkan sistem yang sejalan dengan pola tata kelola perusahaan yang baik, yakni dengan disusunnya Standar Operasi dan Prosedur (SOP) di setiap bidang.

“Ini adalah perusahaan milik Pemeritah Kabupaten Aceh Utara sebagai pelayanan publik yang melayani suplai air bersih, tidak hanya di wilayah Kabupaten Aceh Utara, namun juga di sebagian Kota Lhokseumawe. Tentunya manajemen yang kuat akan sangat diharapkan dalam upaya pembenahan menyeluruh dan pengembangan sektor air bersih bagi masyarakat,” kata Azwardi.

Sementara Direktur Utama Perumda Tirta Pase Imran, ST, menyebutkan inspeksi oleh Pj Bupati Aceh Utara tersebut sangatlah penting. Hal ini guna membuktikan bahwa upaya perubahan yang sedang dilakukan ini benar-benar menjadi perhatian Pemerintah Daerah sebagai Kuasa Pemilik Modal (KPM) Perumda Tirta Pase.

“Saat ini perubahan yang sedang dilakukan sangatlah komprehensif, dikarenakan pola pembenahan teknis dimulai dari hulu (sistem produksi dan distribusi) hingga ke hilir (yaitu sambungan pelanggan). Hal ini juga seiring dengan deteksi dini terhadap kendala teknis sistem jaringan serta perbaikan kebocoran sebagai penyebab kehilangan tekanan air ke pelanggan,” ungkap Imran.

Lebih lanjut Imran menambahkan bahwa pembenahan aspek teknis ini sangat penting untuk  peningkatan mutu pelayanan. Beberapa lokasi yang selama ini kondisinya lemah dalam pendistribusian air, sekarang sudah mulai meningkat dengan adanya pembenahan teknis sistem produksi dan jaringan induk distribusi yang terbentang di beberapa titik Instalasi Pengelohan Air (IPA) yang tersebar di 11 lokasi, yakni mulai dari Krueng Mane Kecamatan Muara Batu hingga ke Panton Labu Kecamatan Tanah Jambo Aye.

“Saat ini kita juga sedang melakukan efisiensi di segala lini guna peningkatan pelayanan (di tiga Kantor Cabang dan di 10 Kantor Unit Pelayanan) guna mampu membiayai pembenahan aspek teknis. Produktivitas pelayanan yang dicapai tentunya akan memberikan iklim yang kondusif bagi keuangan perusahaan bila dikelola dengan tepat dan hal ini sudah mulai terbenahi,” jelasnya.

Pola pelayanan saat ini, tambahnya, selalu ditekankan agar berpihak kepada kepuasan pelanggan (responsif). Hal ini secara otomatis akan berdampak pula bagi entitas perusahaan, yaitu para karyawan yang mau bekerja optimal demi kemajuan perusahaan sesuai harapan Pemkab Aceh Utara.

Oleh karena itu, kata Imran, pihaknya sangat mengapresiasi kunjungan dan inspeksi oleh Pj Bupati Aceh Utara Azwardi, AP, MSi. Dari situ kita harapkan Perumda Air Minum Tirta Pase ini akan dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik lagi ke depan, serta memberikan pelayanan terbaik bagi segenap pelanggannya.(*fadhil)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button