DaerahJawa TimurRagamSitubondo

IPAL PT. Algae Sudah Diperbaiki, Aliran Sungai Kembali Normal

BeritaNasional.ID ,SITUBONDO – Sempat dikeluhkan warga Sebelumnya tentang bau amis dari limbah pabrik rumput laut disepanjang bantaran sungai dam, Dinas lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Situbondo langsung menerjunkan tim melakukan pengecekan.

Ditemui diruang kerjanya perihal temuan oleh tim Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Situbondo Kholil, SP, MP mengatakan jika bau kurang sedap terjadi akibat pompa instalasi pengolahan air limbah (IPAL) PT.Indonesia Lifa Algae Karanginan International pabrik rumput laut yang terletak di Kp.Bukit Sema, Kelurahan Ardirejo, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo – Jawa Timur mengalami kerusakan.

“Setelah kami turunkan Tim ke pabrik diperoleh keterangan dan fakta bahwa telah terjadi kerusakan pompa di instalasi pengolahan limbah sehingga kemudian IPAL tidak berfungsikan dengan baik,”Jelas Kholil. Sabtu 10/10/20.

Setelah dilakukan penggantian pompa IPAL dan pemberian dosis obat penghilang bau sesuai yang dianjurkan, dalam pengecekan yang dilakukan tim DLh dalam beberapa hari terakhir bau sudah dibantaran sungai sudah menghilang.

“Setelah pompa baru terpasang serta menggunakan obat penghilang bau sesuai dosis yang dianjurkan alhamdulah dalam dua hari terakhir ini bau dari pembuangan pabrik sudah teratasi, IPAL perusahaan sudah terpasang dengan baik, sekarang terus kita pantau pembuangannya jika masih berbau kita akan tambah dosis obatnya,”Bebernya

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Situbondo mengaku sangat berterima kasih terhadap masyarakat yang dengan cepat menginformasikan, sehingga Dinas lingkungan Hidup bisa segera mengambil langkah.

“Terima kasih terhadap masyarakat yang sudah menginformasikan kepada kami sehingga kami bisa mengambiul langkah dengan cepat,”Tandasnya.

Penelusuran awak media serta keterangan sejumlah warga disepanjang aliran sungai hingga ke tengah kota Situbondo disekitar Gladak Macan, kebanyakan warga membenarkan jika dalam beberapa hari terakhir aliran sungai memang sudah tidak tercium bau.

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close