BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

ITS Mandala Jember Siap Buka Kelas Baru Di Bondowoso

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Institut Teknologi dan Sains (ITS) Mandala Jember merespon inisiatif Pemkab Bondowoso agar membuka perkuliahan di Kota Tape. Hal itu diungkapkan Dr. Suwignyo Widigdo, SE, MM, MP, Rektor ITS Mandala Jember pada media ini, Senin, 22/8 2023.

“Banyak keuntungan bagi Bondowoso jika kami melakukan perkuliahan disini. Disamping mendapatkan ilmu sesuai dengan kompetensinya, juga ada tambahan perputaran uang,” kata Wignyo, sapaannya di Baratha Cafe, Jl. Saliwiryo Pronowo Gg. Taman No. 11 Kota Kulon.

Kami, lanjutnya, akan mempromosikan Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL), hususnya untuk S2. RPL adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal, dan/atau pengalaman kerja kedalam pendidikan formal.

Ditambahkan, pengalaman kerja akan dikonversi menjadi SKS. Sehingga waktu tempuh pembelajaran bisa dipersingkat. S1 bisa dijalani 1,5 tahun dan S2 hanya 1 tahun.

Semakin banyak pengalaman kerja, maka semakin memperpendek waktu tempuh pembelajaran. Misalnya, seorang Kasi atau Kabid di salah satu OPD, S1 hanya bisa ditempuh selama 1,5 tahun. Dengan biaya separuh dari mahasiswa reguler, Rp 18 juta. Jadi memperpendek masa belajar dan memperkecil biaya belajar.

“Untuk sementara pembelajaran akan ditempatkan di Balai Latihan Kerja (BLK) Tenggarang Bondowoso. ITS Mandala Jember mempunyai program unggulan yang tidak dimiliki Perguruan Tinggi Swasta (PTS) lain,” jelasnya.

Yaitu, lanjutnya, Program Gelar Bersama (Joint Degree). Sebuah program kerjasama pendidikan yang dilaksanakan oleh dua perguruan tinggi atau lebih yang memiliki program studi yang sama pada strata yang sama, dengan cara mahasiswa dapat menyelesaikan program studi di salah satu perguruan tinggi.

Dan Double Degree, yaitu program untuk mendapatkan dua gelar sekaligus dalam satu waktu. Program ini memiliki nama lain Dual Degree yang dalam sistem pendidikan Indonesia disebut program Gelar Ganda. ITS Mandala Jember bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Luar Negeri.

Ditambahkan, ITS Mandala mempunyai 7 program studi, antara lain, Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Sistem dan Teknologi Informasi (STI). Dan program diploma tiga, yaitu program studi Manajemen Keuangan dan Perbankan. Program D-3 ini konsentrasi dalam bidang perbankan syariah.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button