HeadlineJawa Barat

Jadi Keynote Speaker Pengukuhan Pengurus JMSI, Ketua KPK Ungkap Pentingnya Media dalam Distribusi Informasi

BeritaNasional.ID, BANDUNG – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menjadi Keynote speaker pada acara Pengukuhan Pengurus Daerah Provinsi Jabar 2020-2025 Jaringan Media Siber (JMSI) Jumat, 21/01/2021.

Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan bahwa media punya peran strategis mendorong pemberantasan korupsi termasuk membangun sistem pencegahan korupsi. Menurutnya korupsi ada karena sistem yang buruk, gagal, dan lemah. Dalam pidatonya, ia menyatakan dengan keterbukaan dan sistem digital korupsi semakin sukar dilakukan.

Pada kesempatan yang sama Firli juga mengucapkan selamat atas kerja keras Pengurus Pusat JMSI telah menjadi Kontituen Dewan Pers (DP). Untuk itu menurut Firli, JMSI harus mampu mendistribusikan informasi.

“Lebih dari itu media memiliki peran strategis. Produk jurnalistik sangat memberikan pengaruh pada pembaca.   Teori komunikasi itu, apa yg dibaca itu yang akan teringat,” ujar Firli.

Lebih lanjut mantan Kapolda Sumatera Selatan tersebut menyampaikan bahwa media bisa mengubah dan mengembangkan budaya dan membangun perubahan dan mewujudkan tujuan negara.

“Maknanya jika produk jurnalistik positif maka kita juga telah mewujudkan tujuan negara, begitu juga sebaliknya. Media sangat punya peran mencerdaskan kehidupan bangsa,” ujarnya.

KPK sendiri menurut Firli berkepentingan dengan media. Dalam orkestrasi pemberantasan korupsi, media harus terlibat dalam orkestrasi pemberantasan korupsi.

Menurutnya, dalam orkestrasi kamar kekuasaan legislatif terutama dapam proses penganggaran (perencanaan, pembahasan dan pengawasan) oleh DPR, media harus ikut mengawalnya.

“Sama halnya dengan orkestrasi pemberantasan korupsi di kamar kekuasaan eksekutif dan yudikatif. Media harus ambil peran dan melakukan pengawalan dan pengeuatan pemberantasan korupsi,” pungkas Firli Bahuri. (JG)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button