HeadlineKemendagri

Jadi Sorotan, Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar Dianggap Paling Layak Jadi Penjabat Gubernur DKI Jakarta 

JAKARTA, BERITANASIONAL.ID – Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri, Bahtiar, saat ini jadi sorotan. Ini setelah anggota DPRD DKI menilai Bahtiar bisa menjadi kuda hitam untuk menjadi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta mengantikan Anies Baswedan yang akan purnatugas 16 Oktober mendatang.

Diketahui, sebelumnya beredar sejumlah nama calon Pj Gubernur DKI. Di antaranya, Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah DKI Jakarta Marullah Matali, dan Deputi IV Kepala Staf Kepresidenan Bidang Informasi dan Komunikasi Politik, Juri Ardiantoro.
Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando EMaS, membeberkan, sejumlah kriteria yang perlu dimiliki oleh Pj Gubernur DKI. Menurutnya, sosok tersebut harus memiliki kapasitas yang memadai karena tantangan yang dihadapi begitu kompleks.

Terlebih, DKI Jakarta merupakan barometer perpolitikan nasional sehingga stabilitas politik perlu dijaga. Selain itu, DKI memiliki penduduk yang multikultur dengan kehidupan sosial masyarakatnya yang penuh dinamika.
“Karena itu, sosok Pj Gubernur DKI haruslah sosok yang mampu menjaga stabilitas politik maupun sosial, sehingga roda pemerintahan dan pelayanan tetap berjalan baik,” ujarnya, Kamis (1/9/2022).

Dengan kompleksitas masalah yang begitu besar, Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus hati-hati dalam menempatkan seorang Pj Gubernur DKI. Tentunya seorang Pj Gubernur tersebut harus punya pengalaman dibirokrasi dan tentunya harus orang yang netral.

“Saya melihat Bahtiar yang saat ini menjabat sebagai Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, bisa mengemban amanah untuk menjadi Pj Gubernur DKI,” tegasnya.

Fernando beralasan, kalau sosok Bahtiar dinilai mampu mengendalikan stabilitas politik dan sosial di DKI Jakarta. Hal itu termasuk dalam membangun komunikasi, baik dengan jajaran internal DKI Jakarta maupun pemerintah pusat.
Selain itu, sebagai seorang ASN, Bahtiar dinilai memegang teguh sikap netral, sehingga sosoknya dapat diterima semua pihak.

“Tidak banyak pejabat tinggi madya yang memiliki kapasitas dan kualifikasi seperti Pak Bahtiar. Tapi tentunya semuanya dikembalikan kepada Pak Jokowi,” ungkapnya.

Di bawah komando Bahtiar, Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kemendagri, pernah meraih nilai terbaik pada Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Semester I Tahun Anggaran 2022.
Hal itu berdasarkan piagam penghargaan yang diberikan oleh Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Jakarta IV, Saor Silitonga kepada Ditjen Polpum, Selasa (23/8/2022).

“Satker Direktorat Jenderal Politik Dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) mencapai nilai IKPA tertinggi sebesar 99,16,” tulis piagam tersebut.

Penghargaan IKPA ini terbagi dalam tiga kategori, yaitu Pagu Jumbo (Rp100 miliar ke atas), Pagu Besar (Rp30 miliar sampai dengan kurang dari Rp100 miliar), Pagu Sedang (Rp5 miliar-30 miliar) dan Pagu Kecil (kurang dari Rp5 miliar).

Bahtiar juga pernah dipercaya Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian untuk menduduki jabatan sebagai Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepulauan Riau (Kepri). (JG)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button