Daerah

Jaga Kelestarian Lingkungan, Satpolair dan Dinas Perikanan Tanam Cemara Laut

BeritaNasional.ID, SITUBONDO – Sesuai dengan program Polri Peduli Penghijauan, Satpolair Polres Situbondo bekerja sama dengan Dinas Perikanan, TNI, Kamla, Desa Duwet, Camat Panarukan, masyarakat dan pelajar, melaksanakan penanaman pohon cemara laut secara serentak di 4 desa wilayah Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, Selasa (28/1/20).

Penanaman cemara laut yang berlokasi di tepi Pantai Dusun Paras, Desa Duwet, Kecamatan Panarukan ini, dilakukan langsung oleh Kapolres Situbondo AKBP. Sugandi SH, M.Hum, Kasat Polairud, Kades Duwet, Kepala Dinas Perikanan, Muspika Panarukan, Komandan Kamla Panarukan, pelajar dan masyarakat setempat.

“Kegiatan penanaman pohon ini merupakan program Polri Peduli Penghijauan, dimana kali ini Satpolair Polres Situbondo bekerja sama dengan Dinas Perikanan Situbondo dan instansi terkait melakukan penanaman pohon cemara laut sebanyak 4000 bibit pohon. Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di Desa Duwet, Desa Peleyan, Desa Gelung dan Desa Kilensari, Kecamatan Panarukan,” ujar Kapolres Situbondo AKBP. Sugandi SH, M.Hum saat berada di lokasi penanaman cemara laut di tepi Pantai Dusun Paras.

Lebih lanjut Kapolres Sugandi mengatakan, penanaman cemara laut ini, merupakan wujud kepedulian Kepolisian Resor Situbondo terhadap lingkungan hidup.

“Tumbuhnya pohon yang subur sangat bermanfaat bagi kehidupan orang banyak. Misalnya, hutan berperan penting sebagai paru paru dunia dan penyangga kehidupan serta mencegah terjadinya bencana seperti banjir maupun longsor,” tuturnya.

Tak hanya itu saja yang disampaikan Kapolres Situbondo, namun dia juga menjelaskan bahwa, kepedulian polri terhadap kelestarian lingkungan hidup bukannya sebatas seremonial, tapi telah diaplikasikan secara nyata.

“Tujuan dari penanaman bibit pohon cemara laut ini sebagai penahan abrasi laut dan juga bisa berpungsi sebagai pariwisata jika sudah tumbuh besar nanti,” jelasnya.

Kapolres juga mengatakan, pihaknya melibatkan pelajar SD dan masyarakat dan tokoh pemuda turut serta menanam pohon cemara laut tersebut agar mereka menyadari tentang pentingnya penghijauan yang berdampak positif bagi mahluk hidup yang ada di buka bumi ini.

“Dengan di didiknya anak-anak sejak dini untuk menanam pohon, maka diharapkan akan muncul kesadaran dan cinta terhadap lingkungan hidup di tempatnya masing-masing,” pungkasnya. (Sony) 

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close