Jawa Tengah

Jelang Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, Digelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci

BeritaNasional.ID, Brebes – Salah satu agenda rutin di Brebes pada setiap tengah malam menjelang peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yaitu apel kehormatan dan renungan suci. Hal ini sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa para pahlawan khususnya pejuang kemerdekaan.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-75 Tahun 2020 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumatama Brebes, dipimpin oleh Kapolres Brebes AKBP Gatot Yulianto. Senin pukul 00.00 WIB (17/08/2020).

Hadir dalam apel diantaranya Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Arm Mohamad Haikal Sofyan serta Forkopimda lainnya serta TNI, Polri, ASN, Osis dan Pramuka.

Apel diawali dengan penghormatan kepada seluruh para pahlawan yang telah gugur dalam membela kemerdekaan Republik Indonesia, dilanjutkan dengan pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci oleh Dandim.

“Renungan suci ini merupakan bentuk penghormatan kepada arwah para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Sebagai generasi penerus kita wajib menghormati pahlawan yang telah berjuang merebut kemerdekaan bagi bangsa Indonesia,” ungkap AKBP Gatot Yulianto.

Apel kehormatan ditujukan kepada arwah para pahlawan khususnya anggota TNI dan anggota Polri yang dimakamkan di TMP tersebut. Usai mengheningkan cipta, dilakukan penyalaan obor oleh petugas yang membuat suasana di sekitar TMP cukup temaram. Apel kehormatan dan renungan suci ini ditutup dengan hening keliling.

Pelaksanaan apel kehormatan dan renungan suci kali ini dibatasi jumlah peserta dan undangan yang hadir karena situasi pandemi Covid-19.*

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close