Nasional

Jelang Pembukaan Asian Games 2018 Anies Baswedan Bawa Obor Dari Monas Menuju GBK Senayan

BeritaNasional.ID Jakarta – Setelah diarak keliling Jakarta, api obor Asian Games 2018 akhirnya diantarkan menuju Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (18/8/2018). Obor dibawa dari Monumen Nasional (Monas) oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan rombongan.

Beberapa peserta rombongan antara lain jajaran Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Kepala Deputi 2 INASGOC beserta jajarannya, 2018 pelari pengiring kirab obor, dan berbagai komunitas.

Anies menuturkan, kirab obor yang berlangsung di Jakarta sejak Rabu (15/8/2018) hingga puncaknya hari ini seakan mengulang kembali sejarah Asian Games di Jakarta 56 tahun lalu. Orang nomor satu di ibukota ini lantas mengajak seluruh warga memberikan keramahan kepada semua tamu, atlet dan ofisial pesta olahraga se-Asia ini.

“Kita tunjukkan kepada dunia bahwa Jakarta adalah tuan rumah terbaik dan Jakarta bisa menyelenggarakan Asian Games dengan lancar,” kata Anies, di Monas, Sabtu (18/8/2018).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga mengajak warga Jakarta tak segan-segan menyapa dan membantu memberikan informasi kepada tamu dari negara asing.

“Bila melihat ada atlet, ofisial, atau orang asing, kita sapa sambut dan bila mereka butuh informasi, bantu. Tunjukkan bahwa warga Jakarta bisa menjadi tuan rumah yang baik untuk Asian Games, dan insya Allah nanti malam pembukaannya sukses,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini, Anies tampil sebagai pelari pertama yang membawa obor secara estafet dengan jarak 100 meter dari Monas Sisi Barat hingga Jalan Merdeka Selatan. Obor juga diserahkan kepada Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, dilanjutkan antara lain mantan Ketua KONI Rita Subowo, Panglima Kodam Jaya Mayjen TNI Joni Supriyanto, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Aziz serta Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah.

Selanjutnya obor dibawa secara estafet oleh pelari dari INASGOC. Adapun rute yang dilalui yakni Silang Monas Barat Daya – Silang Monas Tenggara – Jalan Medan Merdeka Selatan – Jalan MH Thamrin – Bundaran HI – Jalan Jenderal Sudirman – Berputar di Bundaran Senayan – Jalan Gatot Subroto – Jalan Palmerah Timur – Jalan Gelora – Jalan Gerbang Pemuda – Putar Balik di bawah flyover Gerbang Pemuda – dan masuk melalui Pintu 10 GBK Senayan. (dki1/bn.id).

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back to top button
Close
Close