NasionalSulawesi

Jokowi Ingin Ibu Kota di Luar Jawa, Sulsel Bisa Jadi Pilihan

image_pdf

BeritaNasional.ID, JAKARTA –Rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke luar Jawa sedang dikaji Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Selain Palangka Raya di Kalimantan Tengah, Bappenas juga mengkaji beberapa daerah lain yang bisa menjadi lokasi ibu kota baru.

Pengamat perkotaan Universitas Trisakti, Yayat Supriatna mengusulkan, Bappenas juga mengkaji daerah-daerah di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai calon ibu kota pengganti Jakarta.

“Sebenarnya di Sulawesi Selatan itu pernah ada yang namanya center of Indonesia, sekitar 5 tahun yang lalu. Ini usulan dari daerah. Jadi mereka membuat bentuk simbolis, kalau peta Indonesia dilipat, tengah-tengahnya itu ada di Sulawesi,” ujar Yayat kepada detikFinance, Jumat (14/4/2017).

Yayat mengatakan, jika dilihat dari aksesibilitas maupun mobilitas penerbangan, dan jaringan secara eksisting, Sulsel sudah menjadi hub Indonesia, juga menjadi titik simpul yang mempertemukan Indonesia bagian barat dan timur. Sulsel memiliki jaringan bandara dan pelabuhan yang memadai.

Selain itu, akan dibangun jaringan kereta api Trans Sulawesi yang melintasi wilayah Sulsel. Contohnya jalur Makassar-Parepare sepanjang 145 km.

“Sulawesi Selatan itu masih bisa kita kembangkan,” kata Yayat.

Menurut Yayat, daerah-daerah di Sulsel yang bisa dikaji untuk menjadi lokasi ibu kota misalnya Makassar, Parepare, Bantaeng, dan Sidrap.

“Lahan di Sulsel masih bisa dikembangkan, masih bisa dicadangkan lahan. Tapi tolong tidak mengambil lahan-lahan untuk area pertanian subur. Tidak mengubah fungsi lahan-lahan pangan,” tutur Yayat.

Dia menambahkan, jika Sulsel nanti terpilih menjadi lokasi ibu kota baru, maka akan mendorong laju pertumbuhan Ekonomi di kawasan Indonesia Timur. Selain itu, mendorong kawasan Indonesia Timur lebih cepat berkembang.

“Jadi doronglah ke arah timur sehingga memutar balik orientasi ekonomi yang dulunya dari timur ke barat menjadi dari barat ke timur,” ucap Yayat.(*detikFinance/wawan)

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Close