ACEH

Kadin Aceh: Era 4.0 Mentuntut Perubahan Menyeluruh

image_pdf

Beritanasional.Id, Banda Aceh – Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Aceh, mengajak seluruh anggotanya untuk dapat meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam rangka menyikapi dan mengikuti era digital dengan serba kerja dan sistem bermuara pada tehnologi.

Menurut Makmur, Era 4.0 merupakan sebuah perkembangan zaman yang harus dilalui dan mampu diikuti perkembangannya. Oleh sebab itu seluruh jajarannya diseluruh Aceh diharapkan untuk segera membenah diri supaya tidak digilas oleh perkembangan zaman.

“Era 4.0 menuntut perubahan menyeluruh pada sistem kerja kita. Oleh karena itu, seluruh anggota Kadin Aceh harus kompak, dan terus meningkatkan kapasitas, sehingga kita benar-benar siap menghadapi revolusi industri 4.0,” kata Makmur, saat memberikan sambutan pertamanya usai dilantik oleh Plt Gubernur Aceh, sebagai Ketua Kadin Aceh, di Anjong Mon Mata, Sabtu (14/9/19).

Ungkapan senada juga ditambahkan oleh Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Muhammad Lutfi. Menyinggung efek negatif yang diterima bagi negara berkembang pasca perang dagang yang terjadi antara Amerika dan China akhir akhir ini. Indonesia diakui menerima efek negatif tersebut.

Namun, Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keunggulan dibandingkan negara berkembang lainnya. Hanya saja sistem menyimapinya bagaimana dijalankan. Bila ingin menggilas efek buruk tersebut maka harus mencari solusi yang terbaik dan bijaksana, sehingga ancaman dapat berbalik menjadi peluang.

“ Perang dagang antara Amerika dan China menjadi tantangan besar bagi Indonesia. Namun jika disikapi dengan bijak, maka akan menjadi sebaliknya yaitu peluang perkembangan besar bagi kita,” jelas Muhammad Lutfi. (Alan).

Author: Dahlan Alan

Show More

Related Articles

Back to top button
Close