Sulbar

Kakanwil.Kemenag Prov Sulbar Buka Resmi MTQ Ke IX

BeritaNasional.ID.Sulbar — Bertempat di Lapangan Parasamya Kabupaten Majene, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sulawesi Barat H. M. Muflih B. Fattah bersama dengan Ibu Ketua DWP Kanwil Kemenag Sulbar Hj. Farhana Massiara, menghadiri dan memberikan sambutan pada pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-IX Tingkat Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu (18/6/22)

Dalam sambutannya, mantan Kabid. Bimas Islam ini mengatakan selaku institusi yang diberikan tugas dan fungsi untuk melaksanakan tugas pembinaan di bidang pembinaan keagamaan.

Tentu, kata Muflih, tugas tersebut dirasakan merupakan hal yang penting dan harus diberikan perhatian yang serius yang harus dilakukan secara merata dan berkesinambungan.

Ia menerangkan bahwa penyelenggaran MTQ sebagai salah satu upaya di dalam pembinaan keagamaan diharapkan mampu memberikan dampak dan pengaruh yang cukup signifikan terhadap peningkatan Kualitas Pemahaman dan Pengamalan Ajaran Agama. Olehnya itu, kegiatan MTQ di semua level/tingkatan adalah hal yang harus mendapatkan perhatian dan dukungan dari semua pihak.

“Apalagi hal-hal yang menjadi fokus dan perhatian di era pemerintahan sekarang ini, yakni gerakan moderasi beragama dan kebersamaan umat. Melalui MTQ Tingkat Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2022 ini, diharapkan dapat menjadi perekat guna mewujudkan moderasi beragama dan kebersamaan umat dalam memantapkan Nilai Islam Rahmatan lil Alamin di Wilayah Sulawesi Barat,” terang Kakanwil.

Lebih lanjut, M. Muflih mengatakan MTQ ke-IX Tingkat Provinsi Sulawesi Barat Tahun 2022 yang pelaksanaannya dipusatkan di Kabupaten Majene, disamping diharapkan sebagai upaya di dalam mewujudkan moderasi beragama dan kebersamaan umat, sekaligus bertujuan untuk membina dan meningkatkan semangat keberagamaan di antara sesama umat beragama.

Hal ini juga sekaligus menjadi langkah upaya guna mewujudkan suasana hidup rukun dan damai dalam keberagamaan, bersatu dan dapat menyatukan diri dalam bingkai toleransi antar umat beragama.

Ia juga menegaskan, hal yang tidak kalah pentingnya adalah pelaksanaan MTQ ke IX Tingkat Provinsi Tahun 2022 ini dimaksudkan sebagai ajang seleksi dalam rangka memilih para juara untuk semua bidang cabang musabaqah/lomba guna mewakili Provinsi Sulawesi Barat diajang MTQ Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2022 di Kota Banjarmasin Prov. Kalimantan Selatan.

“Tentunya kita semua juga sama berharap, semoga Kafilah MTQ Prov. Sulawesi Barat bisa juga berkiprah dan mendapatkan predikat yang terbaik di event MTQ Tingkat Nasional yang akan datang” Ujar Muflih

“Selaku Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Barat, saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Pengurus LPTQ Provinsi dan LPTQ Kabupaten se Provinsi Sulawesi Barat, Para Dewan Hakim, Panitia, Panitera, Para Kafilah se-Sulawesi Barat, dan segenap masyarakat Kab. Majene yang dengan ketulusan hati bersama-sama mencurahkan pikiran, waktu dan tenaga demi suksesnya penyelenggaraan MTQ Ke-IX Tingkat Prov. Sulawesi Barat Tahun 2022,” tutup Kakanwil

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button