DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Kapolres Himbau Masyarakat TakTerprovokasi Video Ajaran Sesat Catut Nama Situbondo

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Menindak lanjuti pengaduan yang disampaikan Ketua Umum GP Ansor Kabupaten Situbondo Yogie Kripsian Sah dan Ketua LBH GP Ansor Jayadi SH, tentang video dugaan ajaran sesat seorang Kiai yang mengaku mempunyai ilmu marifat bernama Syarif yang diunggah akun FB Husain, direspon cepat oleh Kapolres Situbondo AKBP Dr Andi Sinjaya, S.H., S.I.K., M.H, Senin (11/4/2022).

Dalam keterangan persnya, Kapolres Situbondo AKBP Dr Andi Sinjaya membenarkan, adanya pengaduan yang disampaikan Ketua Umum Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Situbondo Yogie Kripsiansyah, didampingi Jayadi SH, Ketua LBH GP Ansor Situbondo dan menghimbau agar masyarakat Situbondo tak terprovokasi dengan video ajaran sesat yang di unggah akun FB Husain.

“Kedatangan Ketuan PC GP Ansor dan Ketua LBH GP Ansor ke Polres Situbondo, dini hari tujuannya untuk melaporkan pemilik akun Facebook Husain yang telah memposting ulang video yang diberi tulisan ‘G3MP4R D4TANG1 4J4R4N S3S4T KY4I SY4R1F S1TUBONDO’ tersebut,” kata Kapolres Situbondo AKBP Dr Andi Sinjaya.

Kapolres Situbondo menjelaskan, hasil analisa terhadap postingan yang diduga diunggah akun Facebook Husain tersebut telah mendownload dan mengedit akun YouTube milik Gus Idris Official dengan alamat https://youtu.be/Zw7WnTF5jws. Video viral tersebut sudah dikomentari 26 ribu netizen, disukai 51 ribu orang, dilihat oleh 4,2 juta orang dan dibagikan sebanyaka 21 ribu kali.

“Ketua GP Ansor melaporkan video tersebut, karena isinya dianggap memuat ujaran kebencian dan mengarah terhadap SARA. Apalagi di unggahan FB Husain tertulis ‘G3MP4R D4TANG1 4J4R4N S3S4T KY4I SY4R1F S1TUBONDO’. Yang dikhawatirkan di Kabupaten Situbondo ada yang namanya Kiai Syarif, sehingga menjadi fitnah dan menimbulkan keresahan di masyarakat,” ujar AKBP Andi Sinjaya.

Lebih lanjut, Kapolres Situbondo mengatakan, Polres Situbondo akan professional menangani kasus video yang meresahkan tersebut. Selain itu, Polres Situbondo juga akan berkoordinasi dengan Subdit Cyber Crime Polda Jatim untuk melacak pemilik akun FB Husain.

“Untuk itu, kami mohon kepada masyarakat tidak terprovokasi dengan tayangan vidio tersebut dan selalu waspada terhadap isu yang tidak benar yang disebarluaskan oleh orang tidak bertanggung jawab. Untuk kasus menanggapi laporan Ketua Umum GP Ansor Kabupaten Situbondo, kami sedang menyelidiki dan juga sudah melaporkan ke Subdit Cyber Crime Polda Jatim,” pungkas AKBP Andi Sinjaya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button