DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Kapolres Situbondo Pantau Puluhan Pengemudi Bus Tes Urine di Terminal

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR – Untuk memastikan sopir antar kota dalam provinsi tidak menggunakan narkoba saat mengemudi para penumpang yang akan mudik lebaran, Polres Situbondo bersama petugas gabungan melaksanakan tes urine dan memeriksa kesehatan para pengemudi di Terminal Situbondo, Rabu (20/4/2022).

Pemeriksaan tes urine dan kesehatan para pengemudi ini, dipantau langsung oleh Kapolres Situbondo AKBP Dr Andi Sinjaya bersama petugas gabungan diantaranya Dinas Perhubungan Situbondo, Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo dan Satnarkoba Polres Situbondo.

Puluhan sopir tersebut menjalani pemeriksaan gula darah, tensi, berat badan, tinggi badan, tes urine, dan, kolesterol serta pengukuran lingkar perut. “Tujuan dari pemeriksaan kesehatan para pengemudi ini agar memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang yang akan mudik lebaran tahun 2022,” jelas Kapolres Situbondo, AKBP Andi Sinjaya.

Selain itu, sambung Kapolres Situbondo, pemeriksaan kesehatan dan tes urine ini juga untuk mengantisipasi terjadinya penggunaaan obat terlarang atau doping di kalangan para sopir dan angkutan umum lainnya.

“Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilakukan Polres Situbondo bersama Dinas Kesehatan Situbondo dan Dinas Perhubungan, dengan tujuan agar para sopir tidak terjebak dengan penggunaan obat-obatan terlarang serta meminimalisir kasus kejadian laka lantas. Jika kondisi kesehatan para sopir vit, insya Allah perjalanan mudik masyarakat nyaman dan aman,” tutur Kapolres Situbondo.

Tak hanya itu yang disampaikan Kapolres Situbondo AKBP Andi Sinjaya, namun  dia juga menjelaskan pada pemeriksaan urine terhadap para pengemudi bus tidak ditemukan menggunakan obat terlarang seperti narkoba dan lain sebagainya. “Tidak ditemukan pengemudi yang menggunakan obat terlarang saat memeriksaan kesehatan dan tes urine di Terminal Situbondo,” jelasnya.

Selain itu, Kapolres Situbondo juga menjelaskan bahwa seluruh angkutan lebaran di Terminal Situbondo juga layak beroperasi. “Di setiap Polres ada E-Tle Mobile. Sekarang, ada tambahan E-Tle Mobile sebanyak 40 unit untuk mengcover seluruh jalur di Jatim sepanjang kurang lebih 95 ribu kilometer,” pungkas AKBP Andi Sinjaya.

Publisher       : Heru Hartanto

Pewarta         : As’ad Zuhadi Anwar

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button