Kalimantan Barat

Kapolsek Sekadau Hilir Ajak Perangkat Desa Merapi Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu

BeritaNasional.ID, SEKADAU KALBAR – Kapolsek Sekadau Hilir IPTU Kuswiyanto melaksanakan giat tatap muka dengan Kepala Desa dan perangkat Desa Merapi, kecamatan Sekadau Hilir pada Kamis (8/6/2023). 

Dalam kesempatan ini, Kapolsek menyampaikan beberapa imbauan dan sosialiasi diantaranya terkait Karhutla. Dijelaskan Kapolsek bahwa sudah menjadi kearifan lokal yang mana aktivitas berladang masyarakat dimulai dengan proses penyuburan tanah secara tradisional dengan cara membakar atau yang oleh masyarakat Sekadau disebut “nugal”.

“Terkait masalah tersebut, saat ini telah dituangkan dalam Peraturan Gubernur Nomor 103 Tahun 2020 Tentang Pembukaan Areal Lahan Pertanian Berbasis Kearifan Lokal,” jelas Kapolsek IPTU Kuswiyanto.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sekadau juga telah menetapkan Peraturan Bupati Nomor 48 Tahun 2020 Tentang Tata Cara Pembukaan Lahan Pertanian dengan Pembakaran Terbatas dan Terkendali serta Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Pembukaan Lahan Perladangan Berbasis Kearifan Lokal.

Kapolsek juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat terkait pesta demokrasi yaitu Pemilu 2024 yang saat ini sudah dimulai tahapannya.

“Sebagaimana yang diketahui bersama bahwa saat ini telah masuk tahapan Pemilu, dan gangguan Kamtibmas yang dikhawatirkan akan terjadi, kami minta masyarakat desa Merapi agar tidak terpengaruh,” imbau Kapolsek.

“Terkait pemilu mari kita laksanakan dengan asas jujur dan adil. Kita harus bersikap dewasa dalam demokrasi, dan selalu jaga Kamtibmas yang aman dan damai,” pungkasnya.

Giat ini dihadiri Kanit Binmas Polsek Sekadau Hilir Aipda Mirwan Ismail, Bhabinkamtibmas Desa Merapi Bripka Asep Suandi, Kades Merapi Saleh, Sekdes Merapi Agustomo, para Kadus, dan anggota BPD Merapi serta Mahasiswa PPL dari Universitas Kapuas Sintang. (Aji)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button