DaerahRagamSosialSUMUT

Kebakaran di Rumdis Guru UPT SD N 11 Tanjung Tiram Disebabkan Korsleting Listrik

BeritaNasional.ID, Batubara Sumut – Kebakaran yang terjadi di Rumah Dinas Guru UPT SD N 11 Jalan Pendidikan Dusun XII Desa Suka Maju, Kecamatan Tanjung Tiram Kabupaten Batubara disebabkan korsleting listrik.

Hal tersebut terungkap, saat pemberian tali asih oleh Kadin Batubara Berbagi yang menyerahan bantuan bahan pangan berupa beras dan penali asih dengan sejumlah uang tunai kepada Dewi dan Usman yang merupakan tenaga kependidikan yang menempati RDG sebagai tempat tinggal bersama keluarga yang saat ini telah hangus tear.

Usma (50) mengatakan, kebakaran yang disebabkan korsleting listrik ini membuat ia mengalami luka bakar pada bagian wajah yang saat itu tersambar api sewaktu menyelamatkan surat-surat penting dari dalam rumah.

“Kobaran api cepat membesar mulai dari arah dapur dan menjilat bangunan perkayuan dan elemen mudah terbakar di dalam dua RDG yang masih dalam satu atap,” katanya.

Beruntung luka bakar yang dialami Usman tidak begitu serius setelah mendapatkan perawatan medis dari Puskesmas setempat.

Peristiwa itu selain menghanguskan bangunan rumah beserta perabotan, juga melahap barang berharga maupun pakaian dan uang milik korban, tak sempat diselamatkan kini turut menjadi abu.

Sebelumnya, api agak sulit untuk dipadamkan karena lokasi kebakaran sulit dijangkau masuk oleh Mobil Damkar, dan petugas berusaha masuk memadamkan api.

Karena panik melihat api kian marak, takut api merambah, sehingga puluhan warga setempat ikut berjibaku memadamkan api hingga satu jam lamanya kemudian dapat dijinakkan.

Sementara itu Relawan Kadin Batubara Berbagi yang diketuai H. Ok Faizal, melalui Koordinator Burhan, S. Pd, berharap bantuan yang diberikan dapat mengurangi sedikit penderitaan yang dialami korban kebakaran dan diharapakan pula untuk bersabar menghadapi cobaan.

Burhan menyebutkan, pihaknya akan mengupayakan agar RDG yang kondisi hangus dilahap api ini agar dapat dibangun kembali, sehingga korban beserta keluarga dapat menempati kembali sebagai tempat tinggal.

Selain itu, terhadap korban agar bersabar menunggu sampai adanya bantuan pembangunan.

“Sementara waktu numpang atau sewa rumah dahulu sampai menunggu bantuan pembangunan kembali untuk ditempati sambil bertugas mengajar,” ujarnya.

Disela memberikan bantuan, Koordinator Kadin Berbagi meminta tokoh masyarakat Amrin dan Pj Kades maupun Camat Kecamatan Tanjung Tiram agar dapat membantu menyiapkan data dan syarat administrasi, diperlukan guna mempermudah mendapatkan bantuan dari stackholder terkait.

“Kita juga akan mendorong agar Dinas Pendidikan dapat segera membangun kembali Rumah Dinas yang terbakar tersebut agar kembali dapat difungsikan sebagaimana biasanya, mengingat rumah merupakan kebutuhan dasar hidup dan tempat berteduh keluarga,” sebutnya.

Selain Usman, Dewi yang juga merupakan korban kebakaran mengaku senang kehadiran OK Faizal berbagi memperhatikan nasib mereka yang tertimpa musibah kebakaran yang melalap RDG beserta perabotan rumah dan surat penting maupun pakaiannya yang terjadi pada peristiwa kebakaran Minggu (11/09) malam lalu.

“Atas bantuan dan perhatian tersebut diucapkan terimakasih semoga kebaikan OK. Faizal dan Bapak Zahir Bupati Batubara mendapat balasan dari Allah SWT dan selalu diberkahi kesehatan, rezeki dan karir yang gemilang,” ujar Dewi. (FTR-BB/01)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button