BondowosoDaerahJawa TimurSitubondoSosial

Kegiatan Merdeka Heppiii, Belasan Desa di Situbondo dan Bondowoso Bagikan Ratusan Paket Sembako ke Warga

BeritaNasional.ID – SITUBONDO JATIM – Karang taruna (Karta) yang tergabung dalam 76 Heppiii Community di Situbondo dan Bondowoso menggelar berbagai kegiatan bakti sosial termasuk membagikan sembako kepada warga yang dilakukan serempak.

Koordinator 76 Hepiii Community Situbondo Moch. Ridwan mengatakan bahwa, belasan desa ini menggelar kegiatan Merdeka Heppiii dengan caranya masing-masing. Ada yang digunakan untuk kegiatan selamatan desa, lomba-lomba 17-an, hingga karnaval.

“Ada juga yang digunakan untuk berbagi, yakni dengan membagikan sembako kepada warga sekitar. Jumlahnya ada ratusan paket sembako,” jelas Moch. Ridwan didampingi panitia acara dari masing-masing Karta, Jumat (22/9/2023).

Lebih lanjut, Ridwan merinci beberapa desa yang menyalurkan paket sembako pada kegiatan ini, diantaranya Desa Alasmalang ada 65 paket sembako, Kendit 60 paket, Sumberanyar 60 paket, Gebangan 70 paket, Botolinggo ada 100 paket. “Paket sembako ini berisi minyak goreng plus mie, ada juga minyak, mie dan gula,” ujarnya.

Kegiatan 76 Merdeka Heppiii ini, sambung Ridwan, diikuti oleh 17 desa di Situbondo dan Bondowoso. Belasan desa yang terlibat dalam kegiatan 76 Merdeka Heppiii ini adalah Karta atau komunitas Bakti Pemuda Desa Alasmalang, remaja masjid (Remas) Al Munawaroh, Desa Gayam Lor, Petani Heppiii Desa Kendit, Pejuang Heppiii Desa Patemon, Komunitas Heppiii Desa Gelung, Pejuang Heppiii Desa Cermee, dan Pejuang Heppiii Desa Gayam.

Selanjutnya, kata Ridwan, ada Kelompok Pengajian Desa Sundang Botolinggo, Remas RSC Desa Sumberanyar, Takmir masjid Nuruttaubah Desa Gebangan, Takmir Masjid Darussalam Desa Tanjung Pecinan, Remas Al Muchlisin Desa Bantal dan takmir masjid Darussalam Desa Walidono.

Selain itu, imbuh Ridwan, ada kelompok Pengajian Desa Kedungdowo, Kelompok pengajian Desa Kembang Suko, Remas Nurul Huda Paras, Desa Duwet, dan Komunitas Heppiii Desa Peleyan. “Bukan hanya di Kabupaten Situbondo dan Bondowoso saja, kegiatan Merdeka Heppiii ini dilakukan, tapi di ratusan desa di 17 kabupaten kota di Indonesia,” tuturnya.

Khususnya di Jawa Timur dan Kalimantan, kata Ridwan, rinciannya di Kabupaten Banyuwangi ada 17 desa, Bojonegoro 7 desa, Jember 18 desa, Jombang 18 desa, kemudian Madiun 17, Pamekasan ada 7 desa, Probolinggo 17 desa, Sidoarjo 5 desa, Kediri 3 desa, Lumajang 9 desa, Mojokerto 4, Pasuruan 10, Ponorogo 14, Situbondo 17, Tuban 3 desa. “Diwilayah Kalimantan ada Pangkalan Bun 4 desa, lalu wilayah Banjarmasin 19 desa,” jelas Ridwan.

Sementara itu, Koordinator Heppiii Community di tingkat pusat, Ronald Theo Lesmana mengatakan bahwa, kegiatan Merdeka Heppiii ini adalah bagian dari upaya Heppiii Community untuk membangun desa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan yang melibatkan peran aktif warga desa. “Heppiii Community akan selalu konsisten menggerakkan warga untuk memberikan nilai tambah untuk desanya masing-masing,” jelasnya.

Tak hanya itu yang disampaikan Ronald Theo Lesmana, namun dia menjelaskan selain ada penambahan dan perbaikan fasum (fasilitas umum) dan Fasos (fasilitas sosial) seperti pengecatan gapura, pemasangan lampu, juga digelar acara-acara tasyakuran atau pesta rakyat yang menampilkan kesenian, hiburan, bazar UMKM desa, pengajian, juga lomba-lomba. (Heru)

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button