DaerahEkonomiJawa TimurPendidikanRagamSitubondo

Kembali, WBP Rutan Situbondo Jualan Berbagai Macam Jenis Kue di Area CFD

BeritaNasional.id – SITUBONDO JAWA TIMUR, Kembali Warga Binaan Pemasyarakatan Rumah Tahanan Kelas IIB Situbondo menjual berbagai macam jenis kue di area Car Free Day Situbondo. Penjualan berbagai macam jenis kue ini, hasil pelatihan keterampilan memasak kerjasama Rutan Situbondo Kanwil Kemenkumham Jawa Timur dengan Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Situbondo dan UPT – BLK Prov. Jatim di Kabupaten Situbondo, Minggu (5/2/2023).

Adapun produk yang dijual oleh WBP Rutan Situbondo antara lain, Bronies Alpukat sebanyak 30 buah, Pie Bronies sebanyak 30 buah, Pie Susu sebanyak 30 buah, Pudding Mawar sebanyak 20 buah, Roti Sosis Sembunyi sebanyak 30 buah dan Bolu Tape Pandan sebanyak 20 buah serta kerajinan Rotan Sintetis hasil pembuatan WBP. “Aneka kue terjual habis, sedangkan Kerajinan Rotan terjual 2 buah,” jelas salah seorang WBP Rutan Situbondo di lokasi CFD.

Kepala Rutan Situbondo Rudi Kristiawan menjelaskan, kali keduanya WBP Rutan Situbondo tampil memasarkan produk unggulannya hasil pelatihannya. “Ini bentuk keseriusan kami dalam program peningkatan pembinaan kemandirian yang berkelanjutan terhadap WBP,” jelas Rudi.

Dalam kegiatan penjualan aneka kue ini, sambung Rudi, melibatkan 4 WBP yang sudah memenuhi syarat untuk keluar melalui sidang TPP dan pengawalan ketat dari seluruh Pegawai Rutan Situbondo dibantu dengan Pegawai Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Situbondo.

“Output dari kegiatan penjualan ini, yaitu selain membekali WBP belajar produksi kue, juga ketika WBP keluar dari rumah tahanan sudah tahu cara menjual produksinya kepada masyarakat di acara CFD Situbondo maupun masyarakat luas,” jelas Rudi.

Tak hanya itu yang disampaikan Rudi, namun dia juga menjelaskan kegiatan pembinaan kemandirian dan ketrampilan ini sebagai bentuk pembinaan bakat dan keterampilan memasak dan cara menjual untuk dipersiapkan WBP kembali berperan aktif di tengah-tengah masyarakat. “Selain itu juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan WBP untuk mencari penghidupan yang halal dan mempunyai jiwa dagang serta bisnis,” pungkas Rudi Kristiawan.

Pewarta           :As’ad Zuhadi Anwar

Publisher         :Heru Hartanto

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button