AdvedtorialDPRD Prov Sulbar

Kenalkan Pertanian Pada Anak , H.Hasanuddin Gelar Hearing Dialog Dengan Siswa SMK 1 Tapango

BeritaNasional.id.Polman.Sulbar —Mengenal Pertanian lebih jauh , anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  (Dprd) Prov Sulawesi Barat. H. Hasanuddin menggelar heating Dialog dengan para siswa siswi SMK N. 1 Tapango Kab Polman Sulbar . Polman 21 Januari , berlangsung dirumah kediaman H.Hasanuddin

Hearing Dialog pada sidang pertama 2023 merupakan tugas dan tanggungjawab setiap dewan dalam mengedukasi masyarakat dalam berbagai hal yang bermanfaat bagi masyarakat .

Kegiatan yang dilaksnakan di rumah kediaman pribadi H.Hasanuddin mengingat kondisi kesehatan yang belum pulih Full , sehingga para siswa siswi SMK N 1 Tapango diundang hadir di rumah kediaman , untuk mengenal pertanian dalam agenda hearing dialog bersama anggota Dprd Prov Sulbar .

H.Hasanuddin mengatakan  Pada era modern yang penuh dengan teknologi ini, edukasi pertanian pada anak sangat penting untuk mengajarkan pada anak bagaimana cara menghargai serta menyayangi alam, menghargai pekerjaan petani, nelayan, dan peternak, serta cara melestarikan dan menjaga alam itu sendiri.

Mendekatkan pembelajaran pertanian bagi anak-anak sekolah. Tidak sekedar menanam tanaman , tapi siswa juga diajari bagaimana memanfaatkan lahan yang terbatas misalnya pekarangan rumah yang sempit dapat bertanam tanaman hortikultura seperti sayuran. Secara sederhana namun mudah dipahami oleh anak-anak.

Lanjut Hasanuddin mengatakan, pengenalan edukasi pertanian memang harus diterapkan sejak dini pada anak-anak, sehingga memunculkan kecintaan terhadap lingkungan sekitar. Salah satunya memanfaatkan pekarangan rumah agar selalu terlihat asri, indah dan menarik melalui budidaya berbagai macam komoditas hortikultura maupun komoditas lainnya. Tidak hanya cabai saja, tapi juga jenis tanaman lain misalkan terong, sawi, bunga kol, tomat, dan lain-lain.

)
Susana hearing dialog , disambut antusias oleh para siswa siswi dengan mengajukan pertanyaan tentang pengelolaan lahan dengan baik .(foto opank)

Aktifitas  menanam akan memberikan dampak positif pada anak usia dini,  pertanian mengajarkan nilai kerja sama dan proses yang penting untuk dipahami bagi anak – anak.

“Pengenalan dan edukasi pertanian memang sebaiknya diterapkan sejak dini, sehingga memunculkan kecintaan anak – anak terhadap pertanian,mengingat mereka adalah generasi penerus pembangunan pertanian” jelas Hasanuddin disela-sela kegiatan hearing dialog

Menurutnya menciptakan Indonesia yang bersih dan hijau untuk generasi yang lebih baik. Edukasi di bidang pertanian dapat membentuk pola pikir yang positif bagi anak – anak.

“Kegiatan menanam langsung seperti ini akan mengajarkan banyak hal serta membentuk karakter penting pada anak mulai dari kedisiplinan, kesabaran, hingga bagaimana kita harus kerja keras untuk menghasilkan sesuatu yang diharapkan” ungkap Hasanuddin

Hasanuddin berharap semua pihak dapat lebih semangat menanam dalam memanfaatkan lahan. Sehingga generasi kita dapat mencontoh hal yang postif dalam memanfaatkan lahan halaman rumah yang ada .tutup Hasanuddin

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button