DaerahSoppeng

Kendal Belajar Industri Hasil Tembakau di Soppeng

 

BeritaNasional.ID, SOPPENG — Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide menerima kunjungan kerja Pemerintah Daerah Kendal dalam Rangka Studi Komparatif di Kawasan Industri Hasil Tembakau Kabupaten Soppeng.

Dalam sambutannya, Lutfi menyatakan bahwa memang dari dulu, masyarakat Soppeng banyak pengusaha tani di bidang tembakau, ada satu kecamatan di Soppeng yaitu Kecamatan Lilirilau memang masyarakatnya banyak petani tembakau secara turun temurun .

“Soppeng dapat membentuk suatu kawasan industri hasil tembakau yang luasnya sekitar 3,6 hektar atas bimbingan dari pihak Bea Cukai.” Kata Insinyur pertanian ini di Triple 8 Riverside Resort Cafe. Kamis 18/11/2021.

Selain memberikan gambaran tentang wilayah kabupaten Soppeng, termasuk destinasi wisata yaitu kawasan permandian air panas Lejja dan taman kalong. Mantan kepala dinas Pertanian propinsi Sulsel berharap dengan kunjungan ke kawasan industri hasil tembakau,mungkin ada hal- hal yang bisa kita diskusikan dan didalami, baik pemkab kendal maupun pemkab Soppeng , sehingga nantinya dijadikan kabupaten kembar yang bisa menjalin kerjasama yg baik antara kedua kabupaten.

Sementara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Kendal Tavip Poernomo, menyatakan bahwa Kendal belum memiliki kawasan Industri hasil tembakau.

“Kami berkunjung ke Kabupaten Soppeng untuk sharing informasi tentang pembentukan Kawasan Industri Hasil tembakau , mulai dari bagaimana cara Menghimpun, memberdayakan sehingga bisa mengumpulkan jadi satu lokasi, ini kami akan contoh, sehingga kami pandang perlu melihat langsung lokasi dan seperti apa prosesnya.” ungkap Poernomo.

Namun Poernomo optimistis jika akan ada hal yang bermanfaat untuk Kendal karena Kendal termasuk daerah penghasil tembakau seperti Soppeng.

Setelah, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Kendal juga memberikan gambaran tentang kondisi Wilayah Kabupaten Kendal, acara penerimaan dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi di Kawasan Industri Hasil Tembakau Soppeng, dan mampir di Taman Kalong serta berkunjung ke Galery UKM.

 

 

 

BeritaNasional.ID, SOPPENG — Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Soppeng kembali kedatangan tamu dari Kabupaten provinsi lain, kali ini adalah Kabupaten Kendal, Rombongan Pemkab Kendal ini dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Tavip Poernomo, dan diterima oleh Wakil Bupati Soppeng H.Lutfi Halide, di Triple 8 Riverside Resort Cafe. Kamis 18/11/2021.

Turut mendampingi Wakil Bupati Soppeng , Kadis Perdagangan Perindustrian, Koperasi dan UKM Drs.Sarianto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Firman, Kabag Perekonomian dan SDA, A. Isjunwar, dan pihak Bea Cukai Pare-pare, pihak Perusda, Ketua Hipters bapak H.jayadi Kabupaten Soppeng.

Dalam kesempatan itu Wabup menyampaikan selamat datang dan ucapan terimakasih kepada rombongan dari Kabupaten Kendal, beliau menjelaskan Soppeng sejak dulu masyarakat nya banyak yang menjadi pengusaha tani di bidang tembakau, dan salah satu kecamatan nya yang bernama Lilirilau (Cabbenge) masyarakat nya turun temurun menjadi petani tembakau.

 

Serta, berkat bimbingan dari pihak Bea Cukai , kita di Soppeng ini bisa membentuk suatu kawasan industri hasil tembakau yang luasnya sekitar 3,6 hektar.

Dengan berkunjung ke kawasan industri hasil tembakau,mungkin ada hal- hal yang bisa kita diskusikan, dan dalami baik pemkab kendal maupun pemkab Soppeng , sehingga nanti nya kita bisa jadikan kabupaten kembar yg bisa menjalin kerjasama yg baik antara kabupaten Soppeng dan kabupaten Kendal.

Dalam kesempatan tersebut wabup Soppeng , juga memberikan gambaran tentang wilayah kabupaten Soppeng, termasuk destinasi wisata yaitu kawasan permandian air panas Lejja dan taman kalong.

Dan dalam kesempatan itu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Kendal Tavip Poernomo, juga menyampaikan terimakasih atas sambutan kabupaten Soppeng yang luar biasa

Tavip mengatakan, Kendal belum memiliki KIHT, meskipun Kendal termasuk daerah penghasil tembakau, dan untuk itu kedatangan mereka berkunjung ke Kabupaten Soppeng untuk sharing informasi tentang pembentukan Kawasan Industri Hasil tembakau , mulai dari bagaimana cara Menghimpun, memberdayakan sehingga bisa mengumpulkan jadi satu lokasi, ini kami akan contoh, sehingga kami pandang perlu kami datang melihat langsung lokasi seperti apa prosesnya.

Dalam kesempatan tersebut Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Kendal juga memberikan gambaran tentang kondisi Wilayah Kabupaten Kendal.

Turut dalam rombongan Pemkab Kendal sejumlah SKPD Terkait.

Setelah acara penerimaan dilanjutkan kunjungan ke lokasi di Kawasan Industri Hasil Tembakau Soppeng, dan mampir di Taman Kalong serta berkunjung ke Galery UKM berbelanja oleh-oleh.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button