BondowosoDaerahJawa TimurPendidikan

Kepala Disdik Bondowoso Sambut Baik Kehadiran ITS Mandala Jember

Berita Nasional.ID, BONDOWOSO JATIM – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Bondowoso Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, MM menyambut baik kehadiran ITS Mandala Jember di Bondowoso.

Sugiono, sapaannya mengatakan, hal ini dalam rangka untuk meningkatkan SDM Aparatur Sipil Negara (ASN) Disdik. Oleh karena itu, pihaknya berharap, MoU ITS Mandala Jember dengan Pemkab Bondowoso hendaknya segera dijalankan.

“Program kerja sama ini sangat baik, untuk meningkatkan kualitas SDM ASN, hususnya yang mengabdi di Disdik. Sehingga dapat memperkecil tingkat kesalahan dalam mengelola keuangan lembaga,” jelasnya, Senin, 21/8 2023.

Terutama, lanjutnya, tenaga kami yang bekerja di bagian pengelolaan Biaya Operasional Pendidikan (BOP) dan Biaya Operasional Sekolah (BOS). Mulai dari PAUD hingga SMP. Mereka kurang memahami administrasi keuangan.

Ditambahkan, karena latar belakang pendidikannya bukan akuntansi. Sehingga tidak jarang ditemukan ada kesalahan administrasi dalam peng-SPJ-annya. Kalau ITS Mandala Jember buka di Bondowoso, maka ribuan tenaga kami akan menjadi mahasiswanya.

Diharapkan, kalau tenaga Disdik yang mengelola BOP dan BOS sudah sesuai dengan kompetensinya, dapat memperkecil tingkat kesalahan dalam mengelola keuangan BOP dan BOS.

“Pengelola BOP dan BOS Disdik mayoritas bukan sarjana akuntansi. Sehingga kalau ITS Mandala Jember sudah buka di Bondowoso, mereka saya instruksikan untuk kuliah lagi. Apalagi waktu kuliahnya yang tidak terlalu lama, hanya 1,5 tahun. Jumlah PAUD saja di Bondowoso 1.122 orang. Belum jumlah tenaga pengelola BOP dan BOS di SD dan SMP. Saya berharap, awal September 2023 sudah go,” harapnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button