DaerahJawa TimurRagamSitubondo

Kepala Kantor dan Kordinator KBPP KSOP Kelas IV Panarukan Hadiri Pembukaan Kegiatan Boarding Officer

BeritaNasional.ID – SITUBONDO – Kepala Kantor KSOP Kelas IV Panarukan Andy Amran beserta Heri Wiyanto Kordinator KBPP KSOP Kelas IV Panarukan menghadiri pembukaan kegiatan Ketrampilan dan Kemampuan Personel Boarding Officer Melalui Mitagasi Resiko dalam Rangka Pengawasan Keselamatan Dan Keamanan Pelayaran Menuju Poros Maritim Dunia, Senin (5/4/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Kementrian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai ini berlangsung di ruang pertemuan JW Marriott Hotel Surabaya, dan di buka oleh Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ir. Ahmad, M.Mtr.

Salah satu tujuan dari kegiatan ini yaitu, membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) personil Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP). Personil KPLP harus cekatan, profesional serta menguasai aturan-aturan yang berlaku dalam dunia maritim. Selain itu, mereka juga harus dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan khusus yang dapat membantu dalam menjalankan tugas operasi di perairan dan menghadapi ancaman, salah satunya keterampilan tentang Boarding Officer.

“Pelatihan Boarding Officer merupakan bentuk keterampilan yang sangat bermanfaat dan cocok bagi awak kapal negara yang materinya berisikan tentang teknik-teknik untuk menghindari dan melumpuhkan lawan pada saat melakukan operasi di perairan dalam situasi dan kondisi apapun,” jelas Heri Wiyanto melalui sambungan whatsApp-nya.

Lebih lanjut, Heri mengatakan, pelatihan Boarding Officer melatih KPLP agar selalu siap siaga dan terampil dalam menghadapi situasi, kondisi serta ancaman yang kerap terjadi baik di laut, pantai maupun di pelabuhan ini sangat penting dan bermanfaat. “Komitmen Kementerian Perhubungan adalah menjamin pengawasan keamanan dan keselamatan pelayaran dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” ujarnya.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button