DaerahPendidikanRagam

Kerjasama Dengan Dispendik, Polres Bondowoso Gebyar 500 Polisi Cilik

BeritaNasional.ID, Bondowoso Jawa Timur, Polres Bondowoso bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Bondowoso membentuk Polisi Cilik (Pocil) di seluruh SD di Kabupaten Bondowoso. Sebanyak 500 Pocil ini dilaunching di halaman Mapolres Bondowoso, Jumat (17/3/2023).

Hadir dalam launching Pocil ini, Wakapolres, Sekda Drs. H. Bambang Soekwanto, MM, Kepala Dispendik Bondowoso Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, MM, dan undangan lainnya.

Kapolres AKBP Wimboko, SIK, Msi melalui Wakapolres mengatakan, gebyar Pocil merupakan program tahunan yang digelar oleh Polda Jatim. Tujuannya, memperkenalkan pengetahuan tentang polisi lalu lintas sejak dini. “Diharapkan, setelah Pocil memahami tentang kelalulintasan, bisa menjadi pelopor keselamatan sejak dini. Jadi, sejak kecil sudah terbiasa mematuhi aturan berlalu lintas,” jelasnya.

Hal yang sama diungkapkan Kasat Lantas AKP Suryono, murid-murid yang terpilih sebagai anggota Pocil, akan difungsikan sebagai Patroli Keamanan Sekolah (PKS), terutama sekolah yang berlokasi dikeramaian lalu lintas. “Dari 500 murid yang menjadi anggota Pocil akan diseleksi untuk mengikuti lomba Pocil tingkat Provinsi Jatim. Tahun yang akan datang, lomba Pocil akan dilaksanakan di tingkat kecamatan, lalu ditingkat Kabupaten,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dispendik Kabupaten Bondowoso Dr. Drs. H. Sugiono Eksantoso, MM mengatakan, pada tahun 2022, Pocil SDN Tamanan meraih juara pavorit tingkat Polda Jatim. Padahal saat itu, Dispendik belum membentuk Pocil di SD-SD. “Berdasarkan pengalaman tersebut, Dispendik secara resmi meminta seluruh sekolah di bawah binaannya membentuk Pocil. Dan setiap tahun akan dilombakan,” kata Sugiono.

Sugiono berharap, dengan terbentuknya Pocil di seluruh SD se Kabupaten Bondowoso, maka bisa membantu polisi dalam melakukan patroli di sekolah. Juga menjadikan karakter anak menjadi disiplin dan tanggungjawab.

Lihat Selengkapnya

Related Articles

Back to top button