Politik

Kesbangpol Kab Polman Gelar Sosialisasi Undang Undang Politik

Meningkatkan Partisipasi Bagi Pemilih Pemula

image_pdf

Polman Sulbar.Berita Nasional.ID--Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Polewali Mandar gelar pendidikan politik bagi pelajar tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se Kabupaten Polman.

Pendidikan politik yang dikemas dalam sosialisasi undang-undang politik dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih pemula menjelang pelaksanaan pemilu 2019. Kepala Badan Kesbangpol Polman Bahtiar Musdalifah mengatakan, tujuan utama kegiatan ini agar para pemilih pemula yang didominasi oleh pelajar tidak golput pada pesta demokrasi yang digelar setiap lima tahun sekali.

“kita harapkan siswa yang merupakan peserta sosialisasi agar menjadi penyambung lidah dengan memberikan informasi kepada keluarga dan lingkungan sekitarnya untuk menghindari prilaku-prilaku yang dapat merusak sistem demokrasi dan yang lebih utama adalah mengingat kan keluarga nya untuk berpartisipasi pada hari pemungatan suara” tandas Kepala Kesbangpol Polman Bahtiar Musdalifah.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kesbangpol Polman Bahtiar Musdalifah, Staf Ahli Bidang Hukum Sarja, Ketua KPU Polman Saifuddin,Ketua KPU Polman Rudianto, Sekertaris Kesbangpol Alimuddin dan para peserta yang terdiri dari pelajar tingkat SMA se Kabupaten Polman. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Bumi Raya Pekkabat. Kamis, 14 Maret.

Dalam kesempatan tersebut Ketua KPU Polman Rudianto mengingatkan para peserta untuk menjauhi hoax serta mengajak bagi para peserta untuk memberikan haknya pada hari pemilihan karena setiap suaranya, ia juga menyampaikan bagi disabilitas dan tuna netra diberikan fasilitas khusus agar mereka bisa tetap menyalurkan hak pilih mereka dan bagi tuna netra itu diberikan surat suara khusus berupa templet.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Polman yang turut hadir mengaku sangat mengapresiasi apa yang dilaksanakan oleh Kesbangpol Polman, menurutnya ini yabg dilaksanakan tersebut merupakan bagian tanggungjawab agar mereka yang sudah wajib pilih ikut menentukan dan mengawasi jalannya proses demokrasi.

Ditempat yang sama Staff ahli bidang Hukum Sarja berpesan agar para pemuda melaksanakan haknya dengan baik, “para pemuda kedepan diharapkan dapat memilih dengan baik sesuai dengan pikiran dan perasaan nya, memilih orang yang memikiki kemampuan dan berintegritas” terangnya¬≠

Show More

Related Articles

Close