Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Sulawesi

Kesbangpol Sidrap Beri Pencerahan Revitalisasi Pancasila pada Warga Bulucenrana

image_pdf

SIDRAP BeritaNasional. ID,– Pancasila sebagai filsafat hidup bangsa Indonesia mengandung makna bahwa setiap aspek kehidupan kebangsaan, kemasyarakatan dan kenegaraan harus berdasarkan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan sosial.

Hal itu diungkapkan Dandim 1420 Sidrap yang diwakili oleh Danramil 1420-03 Kapten Inf. Haryono Mansyur dalam sosialisasi yang dikemas dalam penyuluhan soal Revitalisasi nilai-nilai Pancasila di Desa Bulucenrana, Kecamatan Pitu Riawa, kabupaten Sidrap, Senin 26 November 2018 siang tadi.

“Pentingnya makna Pancasila bagi Indonesia itu juga sebagai respons atas perkembangan zaman serta keinginan kuat untuk menjadikan Indonesia berdaulat di bidang politik, berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan,.

Hal tersebut di ungkapkan Danramil 03 Kodim 1420 Kapten. Haryono Mansyur dihadapan sekitar 70 orang masyarakat Bulucenrana.

Hal senada juga diungkapkan Plt Kepala Badan Kesbangpol Sidrap, Andi. Baharuddin menjelaskan nilai-nilai Pancasila harus ditanamkan pada diri masyarakat karena pentingnya keterlibatan seluruh komponen bangsa dalam merevitalisasi dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila.

“Baik secara integral dan utuh dalam semangat ke-Bhinekaan Tunggal Ika dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia,”

Lanjut Baharuddin, apalagi dimaksudkan merevitalisasi nilai-nilai Pancasila dengan semangat kebhinnekaan ini dapat melalui pengembangan potensi anak bangsa,urai Baharuddin.

Hal serupa juga di ungkapkan Anggota DPRD Sidrap Umar Mannong menambahkan melalui kegiatan ini bukan saja hanya sekedar penyuluhan semata, namun penyebaran nilai-nilai Pancasila dan kebhinnekaan melalui sosialisasi budaya ini lebih mengedepankan sarana edukasi bagi masyarakat dalam mengenal keberagaman dan sejarah Indonesia.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan visi dan misi mewujudkan nilai-nilai Pancasila dan kebhinnekaan di Indonesia khususnya di Desa Bulucenrana semakin terwujud nyata,” katanya.

Kegiatan inipula, didukung pemerintah kabupaten Sidrap bersama DPRD Sidrap dalam program pembinaan generasi bangsa. Acara inipula berlangsung sukses dan alot yang dimulai sejak pagi hingga sore harinya.(Risal Bakri).

Show More

Related Articles

Back to top button
Close