Wartawan BeritaNasional.ID Terdaftar Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan
Daerah

Ketua DPRD Banyuwangi Warning Semua Perusahaan Agar Patuhi Aturan

image_pdf

BeritaNasional.ID,
BANYUWANGI – Terkait reklamasi pantai di sebelah utara wisata Pantai Watu Dodol yang diduga tidak memiliki izin, Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara angkat bicara. Dia me-warning semua perusahaan untuk mentaati aturan yang ada. Apalagi terkait dengan kerusakan lingkungan.

Ditemui di ruang kerjanya, pria yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan dan biasa dipanggil Made ini menyatakan, sebagai salah satu pemangku kebijakan di Kabupaten Banyuwangi, dia meminta seluruh perusahaan yang ada di Banyuwangi untuk melengkapi semua perizinan yang diperlukan. Terutama yang terkait dengan dampak lingkungan, memang harus ditaati, Kamis, (20/12/18).

Dia meminta Satpol PP untuk tidak ragu melangkah jika mendapati perusahaan yang seperti itu. Satpol PP memang harus tegas jika memang menemukan ada perusahaan yang tidak taat aturan. Apalagi jika itu menyangkut dengan kerusakan lingkungan, Satpol PP diminta lebih tegas lagi.

Sebelumnya, Satpol PP menghentikan paksa proyek reklamasi pantai yang berada sebelah selatan Wisata Watudodol, Senin (17/12/18). Satpol PP datang ke lokasi tersebut bersama tim dari Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi (DLH). Pelaksanaan reklamasi itu dihentikan karena terindikasi tidak memiliki izin.

Pihak DLH Banyuwangi sendiri belum bisa memastikan proyek itu berizin atau tidak. Sebab DLH Banyuwangi tidak memiliki dokumen amdal. Hanya draf amdal yang diajukan tahun 2013 yang dimiliki DLH Banyuwangi.

DLH Banyuwangi berdalih kewenangan perizinan dan pengawasan reklamasi berada di tangan DLH Provinsi Jawa Timur. Saat ini DLH Banyuwangi sedang meminta klarifikasi DLH Provinsi Jawa Timur terkait perizinan proyek yang disoal warga itu sekaligus meminta DLH provinsi meninjau langsung lokasi proyek reklamasi itu.

Proyek ini disoal warga Ketapang karena bisa merusak terumbu karang yang ada di sekitarnya. Selain itu, perluasan reklamasi itu bisa menggeser jalur nelayan. Selain itu, warga juga kuatir bangunan yang ada di sebelah utara lokasi reklamasi ambrol. (red)

Caption : I Made Cahyana Negara SE, Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi

Tags
Show More

Related Articles

Back to top button
Close