Sulbar

Ketua DPRD Polman Sulbar : Cepat dan Tepatnya Waktu Pembahasan APBD , DPRD Sesuaikan waktu Penyerahan KUA PPAS

Polman .Sulbar.Beritanasional.id — Pemerintah Daerah kabupaten Polman Selasa 14/04/2020 secara resmi menggelar Musyarwarah perencanaan Pembangunan
(Musrembang) Tahun 2020,untuk rencana Program Ditahun 2021.

walaupun pelaksanaannya menggunakan Metode Vidio Converence (karena pandemic COVID-19), Musrembang tersebut tetap berjalan seperti biasanya.dalam Musrembang Melalui video conference itu dihadiri oleh seluruh Kepala OPD dan kepala Bagian Pemkab Polman serta Bappeda Provinsi Sulbar Junda Maulana.

Bupati Polman Andi Ibrahim Masdar dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemkab Pol telah melakukan beberapa percepatan pembangunan dan terbukti beberapa kali Polewali Mandar memperoleh WTP yang kemudian menjadi tolak ukur pekerjaan Pemda.

 “Kami juga ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta Musrenbang Tahun ini, walaupun dilaksanakan secara Online namun kemudian tidaklah menjadi penghalang bagi kita semua untuk kedepannya melaksanakan semua perencanaan kita” kata Andi Ibrahim

Bupati menegaskan bahwa semua aspek Pembangunan telah kita ikutkan dalam perencanaan ini dan termasuk DPRD yang kali ini kita lihat juga ikut dalam percepatan pembangunan.

saya harap DPRD jangan hanya melihat angka akhirnya diPembangunan saja tapi lihatlah semua prosesnya, karena dalam angka itu ada progres didalamnya” Tutur Aim.

Sementara itu ketua DPRD Polman Jufri Mahmud mengatakan sangat mensupor tema musrembang tahun ini yakni Pertumbuhan ekonomi yang berkualitas didukung oleh Penguatan sumberdaya manusia, daya saing usaha dan infrastruktur” Tema ini memberikan harapan besar ditengah kegelisahan kita akan fakta-fakta bahwa ;
– Prosentase penduduk Miskin Kabupaten Polewali Mandar paling tinggi dibandingkan Kabupaten lain di Sulbar yaitu 15,60 meski ini mengalami penurunan dibanding tahun sebelumnya (2018) 15,97. Prosentase penduduk miskin rata-rata Sulbar 11,02.
– Begitu juga dengan IPM Polewali Mandar, 63,74, Paling rendah dibanding Kabupaten lain di Sulbar.

“Polewali Mandar Maju, Rakyat Sejahtera” demikian Visi Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar sebagaimana termuat dalam RPJMD 2019-2024, dan ini hanya dapat tercapai jika kita konsisten dalam proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan.

Dalam proses Musrembang ini, selaku Ketua DPRD Kab. Polman mengingatkan kembali agar perencanaan pembangunan (Musrembang dan Penyusunan RKPD) ; harus Dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan Perundang-Undangan Lebih Partisipatif (dengan mempertimbangkan usul dan saran dari seluruh stakeholder)
Serta Fokus pada Tujuan dan Sasaran sebagaimana termuat dalam Dokumen RPJMD Kab. Polman Tahun 2019-2024
4. Menyusun Program dan kegiatan berdasarkan skala prioritas dan “kemendesakan”
5. Meningkatkan pendapatan masyarakat sebagai prioritas utama dalam upaya mengurangi angka kemiskinan dan mewujudkan masyarakat polman yang sejahtera. Terutama karena dampak pandemic Covid-19 yang tentunya membutuhkan “recovery” atau pemulihan.
6. Konsisten dalam merumuskan indicator dan target capaian setiap Program/Kegiatan (untuk bahan pengawasan dan evaluasi dalam proses perencanaan pembangunan

Diakhir Musrembang ini Bupati Polman melayangkan kritikan kepada DPRD Polman yang lamban dalam melakukan Pembahasan Anggaran namun hal tersebut dibantah oleh Ketua DPRD Polman bahwa kalau mau cepat teman teman DPRD Membahas Anggaran harusnya juga Pihak Eksekutif bisa menyerahkan KUA-PPAS tepat jadwal dan tepat Waktu.

Ketua DPRD Polman
berharap proses dan outputnya Musrembang ini bisa Optimal.dan Prinsip-prinsip dasar dalam proses perencanaan Pembangunan, harus Transparansi, Partisipatif,dan kontinew,serta Inovatif.hal ini tentu tetap akan menjadi landasan kita dalam menyusun perencanaan Pembangunan Kabupaten Polewali Mandar Tahun 2021.

Menanggapi penyampaian Bupati Polman agar Dprd tidak lambat dalam pelaksanaan Pembahasan Anggaran APBD 2021 , Ketua Dprd Kab Polman Jufri Mahmud .SE memgatakan , Pembahasan anggaran bisa dilakukan cepat dan tepat selama Pemda Polman , menyerahkan KUA + PPAS sesuai jadwal , tepat waktu dan tidak lamban . jadi kunci pembahasan Anggaran bisa cepat jika penyerahan KUA PPAS juga tidak lamban ke Dprd . Tutup Jufri Mahmud

Show More

Related Articles

Back to top button
Close
Close